Gaet Pelanggan, Nissan Utamakan Purnajual

Rabu, 23 Maret 2016 – 11:42 WIB
Ilustrasi. Foto : Dok Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Untuk meningkatkan apresiasi konsumen, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tahun ini akan memfokuskan diri mempromosikan layanan purnajual (aftersales services).

Hal itu ditegaskan GM Marketing Strategy and Communication Division NMI Budi Nur Mukmin. Harapannya, pangsa pasar merek asal Jepang itu tahun ini tumbuh.

BACA JUGA: Saham Tak Terdampak Kelakuan Barbar Sopir

Menurut Budi, tahun lalu Nissan menguasai 5,5 persen pasar mobil nasional. Dengan mempromosikan layanan purnajual, Nissan yakin mampu meningkatkan pangsa pasar 0,5 persen menjadi 6 persen.

Mantan region country manager untuk Malaysia dan Vietnam Nissan Motor Asia Pasifik itu menegaskan, segala energi dan sumber daya akan dikerahkan untuk meningkatkan penerimaan masyarakat pada kualitas layanan purnajual Nissan.

BACA JUGA: OJK Target Gaet Dana Rp 2,6 Triliun

''Tahun ini tahun aftersales. Kami akan fokus melakukan aktivitas untuk meningkatkan imageaftersales Nissan,'' kata Budi di kantornya kemarin (22/3).

Strategi peningkatan image purnajual dilakukan bukan karena kesan negatif layanan purnajual di kalangan pengguna Nissan. Sebaliknya, pengguna Nissan mengakui, layanan purnajual semakin positif.

BACA JUGA: Mendagri Mendapat Apreasiasi dari Kantor Pajak

Meski demikian, masih banyak calon konsumen yang menanyakan layanan purnajual Nissan sebelum memutuskan membeli unit. ''Masih ada pertanyaan apakah dilernya banyak? Kalau servis bagaimana?'' katanya.

Nissan kini memiliki 120 outlet layanan purnajual di seluruh Indonesia. Jumlah itu tidak kalah dengan merek-merek lain karena cakupannya sudah mencapai 85 persen. ''Secara coverage sudah sangat besar,'' tuturnya.

Strategi penentuan harga jual dan ketersediaan suku cadang juga lebih baik daripada merek lain. Salah satunya jaminan spare part gratis jika tidak tersedia dalam waktu 1x24 jam. (gen/c15/noe/pda) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... MEA Bro, MEA! Pelaku Usaha Harus Inovatif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler