Ganjartivity Jadi Kepanjangan Tangan Ganjar Untuk Lakukan Pemberdayaan Perempuan

Jumat, 15 September 2023 – 00:25 WIB
Pemberdayaan perempuan desa yang diadakan Ganjar Creativity di Garut. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, GARUT - Salah satu sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjartivity melanjutkan agenda positif dan memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

Adapun Ganjartivity merupakan kelompok sukarelawan yang beranggotakan para alumni muda UNPAD-ITB-UPI.

BACA JUGA: Hitam Putih Ganjar, Bukti Kombinasi Integritas dan Autentisitas

Kegiatan positif yang mereka lakukan berupa Wanoja Desa, sebagai upaya untuk berdialog dan menyerap aspirasi kaum perempuan.

Dalam kegiatan yang diadakan di Desa Indralayang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat itu dihadiri puluhan perempuan muda.

BACA JUGA: Membongkar Pikiran Ganjar, Capres Tidak Perlu Pidato Menggebu Gebrak Meja

Ketua Ganjar Creativity Dicky Fauzia mengatakan pihaknya terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo dalam kepeduliannya kepada kaum perempuan.

"Ganjaritivity menilai bahwa bacapres Ganjar Pranowo telah melakukan langkah konkrit pemberdayaan perempuan selama di Jawa Tengah termasuk pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (14/9).

BACA JUGA: Lewat Buku Ini, Hamid Basyaib Bongkar Pemikiran Ganjar Pranowo Terhadap 8 Isu Strategis

Untuk itu, mereka pun hadir langsung di tengah masyarakat sebagai upaya kepanjangan tangan Ganjar dalam memberdayakan perempuan di desa.

Menurut Dicky, ada beberapa hal yang diinginkan oleh kelompok perempuan, yaitu mengenai peningkatan knowledge dan skill, akses modal, dan pendampingan untuk meningkatkan kelas usaha.

“Kebutuhan knowledge dan skill ditingkatkan dengan memberi pelatihan. Kebutuhan akses modal difasilitasi dengan kredit dengan suku bunga rendah, tanpa jaminan, dan tanpa biaya di bank," ujar Dicky.

Dengan begitu, para perempuan yang berjualan di pasar bisa lebih gampang mengakses modal.

"Kemudian pendampingan yang bisa membawa mereka pada posisi berkelas. Dari pendampingan itu bisa diketahui kapan naik kelas, kapan lulus dan mandiri sehingga produknya bisa punya nilai jual tinggi,” ujar Dicky.

Kegiatan Wanoja Desa oleh Ganjar Creativity itu diharapkan terus mendorong perempuan untuk terus berdaya.

Dicky menyebut pembangunan sebuah bangsa tidak hanya menyasar pada aspek ekonomi, tapi juga pengembangan sumber daya manusia secara holistik termasuk menyasar daerah pedesaan yang memiliki karakteristik dan kebutuhan tersendiri.

"Kami ingin melihat makin banyak perempuan yang bisa mengambil peran strategis dalam lingkup pengambil keputusan. Termasuk dalam hal kendali dalam menentukan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Kedepannya, peran setiap pihak sangat diharapkan mampu mendorong percepatan peningkatan angka pemberdayaan perempuan secara nasional," pungkas Dicky. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menkes Budi Gunadi Dinilai Pantas Jadi Cawapres Ganjar, Begini Alasannya


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler