Gantung Sepatu di Usia 31

Minggu, 27 Februari 2011 – 04:44 WIB
Andy van der Meyde. Foto : mediotiempo.com

EINDHOVEN - Keputusan mengejutkan diambil winger PSV Eindhoven Andy van der MeydeDi usianya yang masih 31 tahun, winger yang pernah membela Ajax Amsterdam, Inter Milan, dan Everton tersebut memutuskan gantung sepatu.

Biasanya, di usia 31 tahun, para pemain profesional di Eropa, masih menikmati karirnya sebagai pemain sepak bola

BACA JUGA: Maradona Lebih Suka Mou Ketimbang Pep

Dengan semakin canggih alat kedokteran dan kemampuan menjaga kebugaran, banyak pemain di atas 33 tahun yang bersaing di level elite.

Namun, Van der Meyde sudah kehilangan gairahnya di sepak bola
"Saya merasa sudah cukup dan saya segera pensiun

BACA JUGA: Ketum PSM: Sudahlah Pak Nurdin, Mundur Saja!

Belum ada pernyataan resmi, tapi saya pikir itu tidak perlu
Saya rasa cukup dengan begini saja," kata Van der Meyde kepada NUsport.

Keputusan itu tidak lepas dari jarangnya kesempatan bermain yang dia dapat sejak bergabung ke PSV

BACA JUGA: Riedl Tak Mau Tanggapi soal Demonstrasi PSSI

Bahkan, dia baru sekali dipercaya oleh pelatih Fred Rutten untuk turun lapanganSisanya, dia harus puas menjadi penghangat bangku cadangan.

Sejak gagal di Inter, dia kesulitan bangkitSebelum bergabung ke Inter pada 2003, Van der Meyde disebut-sebut sebagai winger dengan talenta yang luar biasaSelama tiga musim dia menjadi andalan Ajax Amsterdam.

Sayang, di Inter kecemerlangannya meredupSelama dua musim dia hanya tampil 32 kali dan mempersembahkan satu golAkibatnya, dia dilego ke Everton pada 2005Dia dijual dengan harga rendah, hanya 2 juta euro atau setara Rp 24 miliar.

Ternyata karirnya di Everton juga tidak mulusDis sulit beradaptasi dengan gaya permainan Inggris dan kehilangan tempat utamaHanya setahun, dia sudah dikaitkan pindah ke beberapa klub lainnyaTapi, dia tetap bertahan.
   
Situasinya makin sulit ketika dia mengalami serangkaian cedera pada 2007Akibatnya, pemain yang mencatat caps 18 laga bersama timnas Belanda itu mulai frustasi dan kecanduan alkoholKebiasaan mabuk-mabukannya makin parah.

Bahkan, beberapa kali Van der Meyde harus menerima sanksi akibat kebiasaan buruknya mabuk-mabukanSelain itu, dia juga mulai sering telat datang latihanEverton pun memutuskan untuk memasukkannya ke dalam daftar jual.

Namun, tidak ada yang meminatinyaDia baru pindah setelah kontraknya di Everton habis pada 2009Van der Meyde sempat ikut latihan bersama PSV selama enam bulan sebelum akhirnya dikontrak pada awal 2010 lalu(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banyak Pemain Timnas U-23 Masih Cedera


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler