Garuda Bakal Punya Terminal Sendiri

Rabu, 10 Agustus 2011 – 19:37 WIB
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya agar Garuda Indonesia makin terbang tinggiKali ini, pemerintah tengah menyiapkan terminal khusus di Bandara Soekarno Hatta untuk Garuda.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, pemerintah tengah berupaya membuka terminal khusus bagi penerbangan Garuda Indonesia

BACA JUGA: Belum Diwajibkan, Peminat Asuransi Kredit Tinggi

"Kami usahakan Garuda mendapat semacam dedicated terminal," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN kemarin (9/8).

Menurut Mustafa, rencana pembukaan terminal khusus untuk Garuda sebenarnya sudah direncanakan
Tujuannya, agar operasional Garuda dalam melayani penumpang makin lancar

BACA JUGA: Exxon Lepas Proyek Gas di Aceh

"Saat ini, desain (terminal khusus) nya sedang dimatangkan oleh Angkasa Pura II," katanya.

Sebagaimana diketahui, tahun lalu manajemen Garuda sudah mengusulkan adanya terminal khusus, baik di Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) maupun di Bandara Ngurah Rai (Denpasar)
Terminal khusus tersebut diusulkan untuk memuluskan rencana Garuda yang ingin bergabung dalam aliansi global antarmaskapai untuk memperkuat penetrasi di pasar penerbangan internasional.

Sebenarnya, saat ini Garuda Indonesia sudah mendapatkan hak istimewa untuk menggunakan Terminal 2E untuk penerbangan internasional dan 2F untuk penerbangan domestik.

Berdasarkan laporan kinerja Garuda, sepanjang semester pertama tahun ini, maskapai pelat merah ini berhasil membukukan jumlah penumpang sebesar 4,19 juta, naik 38 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 3,02 juta penumpang.

Kenaikan tersebut didorong oleh naiknya tingkat isian, dari 68,4 persen pada semester I 2010 menjadi 75,1 persen pada semster I tahun ini

BACA JUGA: IHSG Tunggu Sidang The Fed

Selain itu, frekuensi penerbangan juga naik dari 26.333 penerbangan pada tahun lalu menjadi 34.424 penerbangan pada semester I tahun ini(owi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buka Cabang Surabaya, KS Layani Permintaan Khusus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler