Gedung Putra Fatahillah Segera Diresmikan

Jumat, 19 Agustus 2011 – 15:21 WIB
JAKARTA - Anggota DPD AM Fatwa mengatakan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Minggu (21/8) akan meresmikan Gedung Putra Fatahillah yang berlokasi di Kelurahan Kramat Pulo Gundul, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Di lokasi dan hari yang sama, Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan akan mencanangkan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon (One Billion Indonesian Trees for the World) di wilayah DKI Jakarta dan Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal akan meresmikan perpustakaan The Fatwa Center.

Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon diikuti penanaman simbolik pohon kurma oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Lokasi Gedung Putra Fatahillah di atas tanah wakaf keluarga AM Fatwa seluas 2.160 m² merupakan tempat berdiam Fatwa sejak tahun 1970-an“Tempat ini bernilai sejarah bagi saya semasa perjuangan di era Orde Baru,” ujar Fatwa di gedung DPD lantai 2 Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/8).

Dijelaskan mantan Wakil Ketua DPR itu, tahun 1973, Fatwa mendirikan Yayasan Putra Fatahillah yang menaungi pendidikan taman kanak-kanak (TK) Islam, pendidikan guru TK Islam, dan beberapa kegiatan sosial lainnya seperti pengajian Majelis Taklim Sakinah dan pesantren kilat untuk anak-anak di lokasi tersebut.

“Sarana prasarananya sederhana tapi kegiatan pendidikan di sini telah berlangsung sejak tahun 1973

BACA JUGA: Monas Tak Dibersihkan Selama 19 Tahun

Di sekitarnya tempat berdiam masyarakat yang relatif kurang mampu,” sambungnya.

Sementara The Fatwa Center didirikan tanggal 10 Januari 2008
Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) Juwono Sudarsono dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh saat itu, meresmikan launching-nya tanggal 16 April 2008 di Gedung Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional), Jakarta

BACA JUGA: Ratusan Kilo Daging Busuk Disita

“Nama ‘Fatwa’ dalam The Fatwa Center bukan dimaksudkan nama pribadi, tapi ‘Fatwa’ dalam arti message (pesan),” jelasnya.

The Fatwa Center menyelenggarakan kegiatan antara lain studi, seminar, publikasi, dan lomba karya tulis
Misalnya, The Fatwa Center menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah remaja bertema kesehatan reproduksi remaja, narkotika, dan akibat pergaulan bebas di kalangan remaja, lomba mading (majalah dinding) antarsekolah menengah atas (SMA), serta menerbitkan The Fatwa Magazine, Tabloid The Fatwa Center, Jurnal Parlemen, dan buku-buku.

“Dalam waktu dekat, kami akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan politik bagi politisi muda agar praktek politik kita bermoral dan beretika

BACA JUGA: Ada Gaji ke-13, Masih Dapat THR

Sedangkan dalam waktu jauh, kami akan mendirikan sekolah tinggi syariah,” tukasnya(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudah 19 Tahun Monas Tak Dibersihkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler