Gelar Award Pengganti Ballon d'Or

Rabu, 20 Juli 2011 – 17:03 WIB
NYON - Penghargaan pemain terbaik Eropa kembali digelar tahun iniItu menyusul keputusan UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) yang memunculkan award Pemain Terbaik Eropa sebagai pengganti Ballon d'Or

BACA JUGA: Nadeshiko Bidik Emas Olimpiade

Pengumuman pemenang dilangsungkan di Monaco 25 Agustus nanti.

Sejak 1956, Ballon d'Or menjadi acuan penghargaan pemain terbaik Eropa
Namun, sejak tahun lalu (2010), penghargaan yang awalnya digagas majalah sepak bola Prancis France Football itu digabung dengan pemain terbaik dunia FIFA.

"Berdasarkan inisiatif Presiden UEFA Michel Platini, UEFA yang bekerjasama dengan European Sports Media (ESM), telah meluncurkan penghargaan Pemain Terbaik Eropa," demikian pernyataan UEFA di situs resminya.

"Penghargaan memilih pemain terbaik yang tidak terikat dengan kebangsaan dan bermain di klub sepak bola yang ada di teritori anggota asosiasi UEFA

BACA JUGA: Tunggal Putri Indonesia Masih Disegani

Pemilihan berdasarkan penampilan sepanjang musim 2010-11 di semua kompetisi, domestik dan internasional, level klub maupun negara," imbuh rilis UEFA itu.

Terkait format pemilih penghargaan, masih sama dengan Ballon d'Or
Yakni, berdasarkan voting terbanyak yang melibatkan 53 jurnalis sepak bola terbaik di Eropa pilihan UEFA

BACA JUGA: Sama-sama Berjanji Menari Bugil

Untuk tahap awal, dipilih tiga nomine yang diumumkan 25 Juli nanti sebelum dipilih siapa yang terbaik sebulan kemudian (25/8) yang bertepatan dengan acara glamor UEFA lainnyaYakni, drawing fase grup Liga Champions musim 2011-2012.

Sebagai catatan, pemenang terakhir Ballon d'Or atau edisi 2009 adalah bintang penyerang Argentina dan Barcelona Lionel MessiSedangkan pemain yang paling sering memenangi penghargaan adalah tiga orang dengan masing-masing tiga kali terpilihSelain dua legenda Belanda, Johan Cruyff dan Marco van Basten, juga Platini(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap Pemain Percaya Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler