Gelar Kamping Selama Tiga Hari, OMK Paroki Santa Theresia Jakarta Mengusung Tema Unity In Harmony

Sabtu, 15 Juni 2024 – 16:46 WIB
Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta berfoto bersama Romo Antonius Widyarsono, SJ (Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta) seusai memimpin misa dalam kegiatan kamping yang berlangsung selama tiga hari, 15-17 Juni 2024 di Canisius Camping Ground, Gunung Putri Bogor, Jawa Barat. Foto: Humas OMK Santa Theresia Jakarta

jpnn.com, BOGOR - Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta menggelar kamping selama tiga hari, 15-17 Juni 2024 di Canisius Camping Ground, Gunung Putri Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan kamping kali ini mengusung tema Unity In Harmony.

BACA JUGA: Peringati Hari Pangan Sedunia 2023, Gereja Santa Theresia dan WKRI Bagikan Makanan untuk Lansia & Difabel

Ketua OMK Santa Theresia Jakarta Christina Ayu Novia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan persatuan di antara anggota orang Muda Katolik sehingga terlibat aktif dalam kegiatan di lingkungan gereja, masyarakat, bangsa dan negara.

BACA JUGA: Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Kepada Peserta Didik, SMK Santa Theresia Gelar Tapak Tilas Kemerdekaan

Friederich Batari dan Conny Renny Raintung selaku perwakilan orang tua menyerahkan peserta kamping secara simbolis kepada fasilitator dari Tim Incito Sapientia pada Sabtu (15/6/2024). Foto: Humas OMK Santa Theresia

“Kami berharap melalui kamping ini, orang muda Katolik makin bersemangat dalam pelayanan,” ujar Novi panggilan akrab Christina Ayu ini.

BACA JUGA: PSE, Panitia HPS 2023 dan WKRI Gereja Santa Theresia Salurkan Makanan ke Lansia

Anggota Dewan Paroki Harian (DPH) Flaviani Mareike Lestari selaku DPH Pendamping OMK berharap peserta kamping dapat memiliki pengalaman yang berkesan selama mengikuti kegiatan ini.

“Dengan terlibat dalam aktivitas yang edukatif, menyenangkan, dan juga mengajarkan nilai-nilai Katolik, saya berharap adik-adik OMK memiliki pengalaman berkesan dalam pertemanan dan iman,” ujar Mareike panggilan akrab Flaviani Mareike Lestari.

Lebih lanjut, Mareike berharap kebersamaan ini sekaligus memupuk persahabatan dan bisa menjadi salah satu support system, sumber dukungan emosional ketika mereka menghadapi masalah di kemudian hari.

Lebih lanjut, Mareike mendorong orang Muka Katolik untuk terus mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan positif di antaranya kegiatan kamping ini.

Menurut Mareike, kamping ini menjadi salah satu wadah untuk membangun kebersamaan di antara kaum muda Katolik.

Mareike juga berharap kaum muda khususnya OMK Santa Theresia terus tumbuh dan berkontribusi dalam kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan.

Dalam kegiatan ini, hadir juga anggota DPH Santa Theresia, H Iskandar Leman beserta perwakilan orang tua peserta kamping, Friederich Batari dan Conny Renny Raintung.

Pada kesempatan itu, Friederich Batari dan Conny Renny Raintung menyerahkan secara simbolis peserta kamping kepada fasilitator Martinus Raingtukan yang disapa Anton sebagai Tim Incito Sapientia untuk melakukan pendampingan selama kegiatan berlangsung.

Friederich berharap OMK Santa Theresia dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Menurut Friederich, OMK Santa Theresia harus mempersiapkan diri sebagai bagian dari generasi Emas Indonesia Tahun 2045.

“Teruslah belajar dan meningkatkan sumber daya manusia. Anda (OMK, red) adalah calon pemimpin baik sebagai pemimpin negara, organisasi kemasyarakatan maupun perusahaan,” ujar Friederich.

Ketua OMK Paroki Santa Theresia Jakarta Christina Ayu Novia. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Untuk diketahui, sekitar 60 peserta mengikuti kamping dengan fasilitator dari Tim Incito Sapientia.

Ketua Panitia Kamping OMK Santa Theresia Jakarta, Gregorius Vincent Raka Pratama menyampaikan beberapa topik dialog selama tiga hari antara lain Orang Muda Katolik dan Tantangan Gereja Masa Kini, Refleksi Orang Muda Katolik, Komunikasi Dalam Organisasi, dan Mengelola Konflik Dalam Kelompok.

Kegiatan lainnya adalah Misa bersama dipimpin Romo Widi, SJ, dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Kemudian Malam Keakraban OMK, Api Unggun, persiapan final Project Unit in Harmony.

Romo Antonius Widyarsono, SJ, dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta saat memimpin Misa dalam kegiatan kamping OMK Paroki Santa Theresia Jakarta, 15-17 Juni 2024 di Canisius Camping Ground, Gunung Putri Bogor, Jawa Barat. Foto: Humas OMK Santa Theresia Jakarta

Selanjutnya Selebrasi Final Project dengan Smoke Bomb Warna Warni (Spark Joy).(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler