Gelar Munas, Koalisi Kependudukan Fokus Siapkan SDM

Rabu, 27 Mei 2015 – 21:05 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan, Sonny Harry B Harmadi PhD, mengatakan, pihaknya berkomitmen menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Komitmen tersebut kata Sonny, menjadi agenda penting dan strategis untuk meningkatkan kehidupan manusia dan melindungi bumi bagi generasi masa depan.

Hal tersebut dikatakan Sonny, saat dihubungi wartawan di sela-sela persiapan Musyawarah Nasional III Koalisi Kependudukan yang akan diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 30-31 Mei 2015, dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (PPN/ Kepala Bappenas), Andrinof Chaniago.

BACA JUGA: Daerah Ini Raih Penghargaan TPID Terbaik dan Berprestasi

"Target komitmen MDGs yang berakhir tahun 2015 ini belum seluruhnya tercapai. Karena itu, Koalisi Kependudukan merasa berkewajiban untuk membantu capaian target tersebut," kata Sonny, Rabu (27/5).

Salah satu cara yang ditempuh lanjut Staf Khusus Menteri PPN/ Kepala Bappenas ini, menyelenggarakan Munas "Penduduk dan Pembangunan Berkelanjutan: Menyongsong MEA dan MDGs dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera", didukung oleh BKKBN Pusat dan provinsi serta Pemda dan LSM.

BACA JUGA: DPR Belum Kompak, PAN Pesimis UU Pilkada Direvisi

Menurut Sonny, pembangunan berwawasan penduduk merupakan implementasi nyata Misi Pembangunan Indonesia seperti yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019 melalui Misi ke-4, yaitu mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera dan Misi ke-5 mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

"Dalam implementasinya, perlu mewujudkan pemanfaatan bonus demografi sesuai harapan. Karena itu, seluruh stakeholder perlu bekerjasama dengan tujuan yang sama seperti tertera dalam pembukaan UUD 1945 yaitu Kesejahteraan Sosial bagi Seluruh Indonesia dengan mengedepankan Persatuan Indonesia," ungkapnya.

BACA JUGA: 3 Kekalahan KPK Bikin DPR Ngebet Merevisi UU KPK

Munas lanjut Kepala Lembaga Demografi FEUI ini, akan diisi antara lain oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Mendiknas Anies Baswedan, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Kepala BPJS Kesehatan dr Fahmi Idris, dan Anggota Majelis Kependudukan Mooryati Soedibyo.

Ditambahkan, Koalisi Kependudukan sudah ada semenjak 2003 dan tersebar di 33 provinsi serta lebih dari 200 kabupaten/kota.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri Tegaskan Penyebar Isu Beras Plastik Bakal Diciduk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler