Gelar Operasi Patuh Jaya, Polda Metro Kerahkan Ribuan Personel, Ini Sasarannya

Senin, 15 Juli 2024 – 00:18 WIB
Direktorat Lalu Lintas (Dilantas) Polda Metro Jaya bakal menggelar operasi patut jaya 2024 mulai Senin (15/7). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Dilantas) Polda Metro Jaya bakal menggelar operasi patuh jaya 2024 mulai Senin (15/7).

Total sebanyak 2.938 personel gabungan yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya akan dikerahkan selama operasi berlangsung.

BACA JUGA: Operasi Patuh Jaya 2022, Irjen Fadil Beri Perintah Khusus kepada Kombes Sambodo

"Jumlah total personel gabungan Operasi Patuh Jaya 2.938," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (14/7)

Latif menjelaskan sebelum laksanakan Operasi Patuh Jaya 2024 semua personel di jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya melaksanakan apel pagi pukul 06.00 WIB dan apel siang pada pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA: Operasi Patuh Lancang Kuning di Pekanbaru Berlangsung Humanis Pakai Aplikasi Zapin Tanjak

Sementara itu, dalam unggahan di akun resmi Ditlantas Polda Metro Jaya, @tmcpoldametro disebutkan ada 14 target Operasi Patuh Jaya tahun 2024.

Adapun sasaran yang menjadi target operasi di antaranya melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan telepon seluler (ponsel) saat mengemudi, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur (tidak memiliki SIM) dan penerbitan parkir liar.

BACA JUGA: Operasi Patuh Jaya 2021: Punya Motor Knalpot Bising Sebaiknya Ganti Segera!

Selanjutnya tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka atau bahu jalan, kendaraan yang memasang rotator atau sirine tidak sesuai aturan, dan menertibkan kendaraan yang menggunakan pelat nomor palsu.

Kemudian, sasaran untuk kendaraan bermotor roda dua adalah tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) serta berboncengan lebih dari satu orang. 

Selain itu, sasaran untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih adalah tidak menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi dan tidak memenuhi persyaratan layak jalan. 

Secara nasional, Korlantas Polri akan menggelar Operasi Patuh 2024 pada 15-19 Juli 2024. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puluhan Kendaraan Terjaring Razia saat Operasi Patuh Musi 2023


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler