Gelar Program Penghijauan Nasional, Risma Sebut Ajaran Partai Sejalan dengan Agama

Minggu, 15 Januari 2023 – 12:45 WIB
Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDI Perjuangan Tri Rismaharini melakukan penanaman pohon dalam acara pembukaan program Penghijauan Nasional di Desa Lembangsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDI Perjuangan Tri Rismaharini mengatakan perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang mengarahkan kader untuk melakukan penghijauan sebenarnya berasal dari ajaran agama.

Karena itu, Risma merasa heran apabila ada yang menuduh Megawati dan PDIP tidak pernah melaksanakan ajaran agama dalam kegiatan partai.

BACA JUGA: Buka Program Pengijauan Nasional, PDIP Tanam Pohon hingga Bersihkan Sungai Kalimalang

Hal ini disampaikan Risma saat memberi sambutan dalam acara pembukaan program Penghijauan Nasional di Desa Lembangsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1).

“Jadi, bapak, ibu semuanya, kita enggak usah ngomong banyak. Kita sudah bisa buktikan bahwa apa yang diperintahkan, bukan hanya partai memerintah, tetapi agama memerintahkan,” kata Risma kepada ratusan kader.

BACA JUGA: Faktor Penentu Kemenangan PDIP Bukan Hanya Megawati, yang Bilang Haryadi

Menteri Sosial itu juga menyampaikan kegiatan menanam pohon bisa mendatangkan amal jariah.

Apalagi, kata Risma, dari satu pohon yang ditanam bisa menghasilkan banyak oksigen yang bisa dihirup banyak manusia.

BACA JUGA: Pakar Sebut Relasi Jokowi dengan PDIP Sangat Kuat

"Jadi, kita menanam untuk kita buat amal jariah. Kalau pohon itu selama mengeluarkan oksigen maka kita akan mendapat pahala terus menerus," kata Risma.

Dengan menanam pohon, kata Risma, kader PDIP bukan hanya menjalankan perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Tetapi, lebih dari itu, kegiatan memelihara tanaman merupakan perintah agama.

Banyak manfaat yang bisa dihasilkan seperti menjaga struktur tanah hingga mencegah banjir, karena air bisa diserap dan disimpan di akar pohon.

"Kita ini seolah-olah dituduh partai yang tidak beragama, tetapi kita bisa merawat yang diperintahkan agama," ucapnya.

Ketua DPP PDIP Sukur Nababan menambahkan pencanangan program Penghijauan Nasional ini mewakili Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan DPP PDI Perjuangan.

“Merawat bumi adalah merawat kehidupan itu sendiri. Dan itu bagian dari perjuangan PDI Perjuangan,” kata Sukur.

Sukur bersama Risma lalu bergerak untuk memulai penanaman pohon di pinggir Sungai Kalimalang. Setelahnya, mereka juga melakukan susur sungai sekaligus menebar benih ikan di sungai itu.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPP PDIP Sukur Nababan, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono beserta jajaran, anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka serta Nico Siahaan, dan Pj Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan. (Tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... KIB dan PDIP Akan Berkoalisi jika Usung Paket Ganjar-Airlangga


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler