Gempa Aceh, Jumlah Korban Tewas Belum Valid

Selasa, 06 September 2011 – 16:45 WIB

JAKARTA — Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) kembali diguncang gempaData yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi tengah malam tadi, Selasa, 6 September 2011, pada pukul 00.55 WIB.  Pusat gempa di titik 2,81 Lintang Utara dan 97,85 Bujur Timur di kedalaman 78 kilometer.

Pusat gempa tercatat 58 kilometer di timur laut Kecamatan Singkil Baru, Kabupaten Singkil, Aceh dengan kekuatan 6,7 skala richter (SR)

BACA JUGA: Mendagri Kaji Mutasi Pejabat di Pemkot Manado

Gempa ini dinyatakan tidak berpotensi menimbulkan tsunami
Dampak gempa itu juga terasa kuat di Sumatera Utara, terutama di daerah Brastagi

BACA JUGA: TKW Gila Terlantar di RSUD Batam

Bahkan getaran gempa juga dirasakan warga Pasaman, Sumatera Barat.

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengaku belum mendapatkan laporan valid mengenai jumlah korban tewas, luka-luka ataupun kerugian material
Saat ini semua dampak gempa masih sedang dilakukan evaluasi oleh tim penanggulangan bencana di daerah.

‘’Kami belum dapatkan laporan totalnya berapa

BACA JUGA: Dihantam Badai, Kapal Mutiara Karam

Namun karena dampaknya lebih parah di Singkil dan tidak begitu besar di wilayah lainnya, kami yakin tidak begitu banyak dan sekarang masih di data oleh Pemda,’’ kata Agung.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengaku belum menerima laporan mengenai kerusakan yang terjadi di kantor pemerintahan ataupun dampak gempa terhadap jalannya pemerintahan.

‘’Saya masih memantau dan masih menunggu laporanMudah-mudahan dampaknya tidak terlalu besarKita doakan sajaPara kepala daerah yang langsung mengambil kebijakan di sana,’’ kata Gamawan.

Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, antisipasi gempa Aceh telah dilakukan pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerahMasa tanggap darurat diberlakukan 2 minggu dan untuk batas waktu tersebut, seluruh stok kebutuhan pangan dijamin aman.

‘’Kita punya stok untuk 2 mingguKemensos punya persiapan dana 2 minggu, untuk tenda, evakuasi, konsumsi dan semuanyaDananya sekitar Rp1 miliar,’’ kata Salim yang mengaku masih belum mendapatkan laporan pasti jumlah korban tewas dan luka akibat dampak gempa(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bupati Hukum Kadis Push Up


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler