Gempa Solomon tak Berpotensi Tsunami di Wilayah RI

Minggu, 13 April 2014 – 22:55 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Gempa bumi Solomon berkekuatan 7,5 Skala Richter terjadi di Kepulauan Solomon pada Sabtu (13/4) pukul 19:36:19 WIB. Pusat gempa berada 11.43 Lintang Selatan dan 162.17 Bujur Timur dengan kedalaman 58 kilometer.

"Untuk gempa ini, BMKG tidak mendiseminasikan peringatan dini tsunami," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

BACA JUGA: Semua Kelebihan JK Dinilai Tidak Baik untuk Jokowi

Ia menyampaikan, berdasarkan hasil analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tsunami tersebut tidak berdampak hingga wilayah Indonesia.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa yaitu Solomon, Vanuatu, dan Papua New Guinea.

BACA JUGA: Operasi Penggagalan Prabowo Nyapres Sedang Berlangsung

Sutopo pun mengimbau masyarakat dihimbau tenang dan tidak perlu panik. "BMKG dan BNPB akan selalu menyampaikan informasi terkait gempa bumi dan tsunami secara resmi," tegasnya.

Sutopo juga mengatakan, gempa bumi tidak bisa diprediksi, tapi BMKG mampu menyampaikan info gempa dan prediksi tsunami 5 menit setelah kejadian gempa bumi.

BACA JUGA: 27 DPW PPP Kecewa SDA Ikut Kampanye Gerindra

Meski demikian, pengembangan Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) masih terus dilakukan pemerintah Indonesia. Begitu juga halnya dengan pelaksanaan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami masih dilakukan. Pembangunan mitigasi struktural relatif lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan kultural yang diharapkan masyarakat makin siap menghadapi bencana.

"Pengetahuan masyarakat tentang kebencanaan meningkat. Namun belum menjadi perilaku dan budaya dalam mengantisipasi bencana," tandasnya.(ris/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sembuh, Emir Moeis Siap Hadapi Vonis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler