Gen Z Diajak Mendukung Kampanye Pelestarian Orang Utan Tapanuli 

Rabu, 22 Maret 2023 – 21:10 WIB
Gen Z diajak mendukung kampanye pelestarian orang utan Tapanuli. Foto dok. Yayasan KEHATI

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan KEHATI bersama Yayasan Orang utan Sumatera Lestari - Orang utan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia melakukan Roadshow Peduli Orang Utan Tapanuli 2023 ke beberapa kampus di Indonesia.

Berbeda dengan di Universitas Sumatera Utara dan IPB University, kampus ketiga pada kegiatan roadshow, yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang berbasis pada bidang teknologi komunikasi dan informasi, dan kewirausahaan. 

BACA JUGA: Soal Upaya Paksa Pembubaran Diskusi Publik Orang Utan Tapanuli, Pengamat: Pelaku Harus Diusut

“Pengetahuan dan kemauan untuk terlibat pada konservasi satwa di Indonesia harus dimiliki oleh seluruh generasi muda dari berbagi lintas keilmuan dan jurusan," ujar Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos dalam keterangannya dikutip Rabu (22/3).

Mahasiswa UMN, lanjutnya, bisa berbuat banyak melalui kampanye digital dan program kewirausaan berkelanjutan.

BACA JUGA: Begini Jadinya Bila Pakar Tanaman Bakau Berbicara soal Orang Utan

Pada kesempatan sama, Deputy Head of Communication Science Department Irwan Fakhruddin mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa UMN.

Dengan pengetahuan yang sudah didapat, mahasiswa ke depannya diharapkan dapat terlibat aktif dalam kampanye pelestarian orang utan tapanuli dan satwa lainnya di Indonesia. 

BACA JUGA: Para Ilmuwan Indonesia Kecam Peneliti Asing Penyebar Informasi Tak Valid soal Orang Utan

Dia menambahkan tantangan sesungguhnya adalah bagaimana membumikan pesan terkait konservasi terutama kepada Gen Z. 

"Pesan ini harus dikemas dalam bahasa sederhana, membumi, relate dengan Gen Z, dan memberikan sensasi “eksperiental” yang akan membuat mereka dengan sendirinya ikut ambil bagian dalam kampanye yang dijalankan,” jelas Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa Science Communications menjadi kompetensi yang harus dimiliki dan menjadi kerangka dalam mengomunikasikan pesan-pesan saintifik. Salah satunya pada program pelestarian orang utan Tapanuli.

Irwan yakin kegiatan roadshow ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UMN dan menjadi langkah awal dalam mengambil peran sebagai pemecah masalah yang dapat memberikan dampak untuk kebaikan.

The Body Shop mengingatkan nilai-nilai yang diusung pendiri The Body Shop Anita Roddick, bahwa inti dari sebuah bisnis seharusnya bukanlah mengenai uang dan keuntungan, melainkan mengenai tanggung jawab. Sebuah bisnis seharusnya menjadi kebaikan untuk semua orang, bukan kepuasan pribadi. 

"Kami mendukung pelestarian orang utan Tapanuli mengajak konsumen untuk ikut aktif bersama-sama melindungi dan melestarikan spesies yang hampir punah ini," terang Corporate Values Manager The Body Shop Indonesia Dita Agustia. 

Melalui roadshow orang utan Tapanuli bersama KEHATI, Dita berharap awareness ini juga sampai kepada anak muda yang merupakan agen perubahan dan nantinya bisa menjadi langkah awal bagi anak muda untuk lebih terlibat serta memulai pergerakan nyata. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler