Genjot Produksi Pertanian Meranti, Kementan Beri Bantuan Alsintan

Sabtu, 20 Juli 2019 – 07:16 WIB
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MERANTI - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk petani Kepulauan Meranti, Riau.

Alsintan berupa 7 unit cultivator atau alat untuk pengolahan tanah akan diserahkan kepada kelompok tani pada bulan ini.

BACA JUGA: Kementan Fokus Benahi Sektor Perkebunan Indonesia

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan, bantuan ini ditujukan agar produksi pertanian di Meranti bisa meningkat.

"Tahun 2019 bantuan alsintan untuk Meranti dari APBN sudah diserahkan secara simbolis pada beberapa waktu lalu. Semua kecamatan itu akan menerima bantuan itu melalui Gapoktan," kata Sarwo Edhy, Jumat (19/7).

BACA JUGA: Cara Jitu Petani Magetan Atasi Kekeringan

BACA JUGA: Kementan Dorong Ekspor Biji Pinang Asal Kalbar dalam Bentuk Olahan

Sarwo Edhy berharap, bantuan alsintan yang diberikan Kementan kepada petani melalui poktan ataupun gapoktan dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya. 

BACA JUGA: Kementan Dorong Ekspor Biji Pinang Asal Kalbar dalam Bentuk Olahan

"Jangan sampai alsintan hanya disimpan di rumah atau dijual. Karena itu harus dioptimalkan supaya tepat sasaran," ujarnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura (Disbunhorti) Meranti Tengku Efendi mengatakan 7 unit mesin cultivator tersebut sudah berada di kantornya.

Pengadaan alat tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

“Pengadaannya melalui Tugas Pembantuan (TP) Mandiri Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019. Namun penyalurannya ke daerah melalui Disbun Riau,” katanya.

Ia menjelaskan, pengadaan Alsintan tersebut merupakan usulan pada tahun anggaran sebelumnya (2018). Artinya, kelompok yang menerima bantuan telah mengajukan proposal setahun yang lalu.

“Jadi, permintaan Alsintan ini dilakukan setelah ada usulan dari kelompok tani sebelum dimulainya tahun anggaran. Bukan setelah ada alat, baru dicarikan kelompok yang menerimanya,” jelas Tengku Efendi.

Staf Bidang Sarana dan Prasarana Disbunhorti, Dedi Fauzan merincikan 7 unit Alsintan akan diberikan kepada kelompok tani di Desa Gogok sebanyak 2 unit, kelompok tani dari Desa Kundur 1 unit, kelompok tani Desa Gemala Sari 1 unit, kelompok tani dari Desa Topang 1 unit. Selain itu, kelompok tani di Desa Tanjung Pisang 1 unit dan kelompok tani dari Desa Mekar Sari 1 unit.

“Nanti sebelum diserahkan, tim dari Disbun Riau akan melaukan verfikasi terlebih dahulu. Termasuk memastikan lokasi dan keberadaan kelompok tani yang akan menerimanya,” katanya.

Menurutnya selama ini kelompok tani yang akan menerima Alsintan tersebut masih menggunakan peralatan manual. Sehingga dengan adanya bantuan ini membantu meningkatkan hasil produksi mereka.

“Mudah-mudahan bulan ini sudah diserahkan secara langsung kepada seluruh kelompok tani. Supaya bisa segera digunakan untuk memaksimalkan hasil produksi pertanian,” terangnya.

Ia berharap kepada kelompok tani yang akan menerima bantuan Alsintan ini dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.

“Nanti tanggung jawab untuk merawat dan memperbaiki cultivator ini dilakukan kelompok tani penerima,” pungkasnya. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kartu Tani Bikin Distribusi Pupuk Subsidi Lebih Efisien


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kementan  

Terpopuler