Genjot Rusunami, Perizinan Jangan Dibuat Ribet

Rabu, 24 Februari 2016 – 18:59 WIB
Rusunami. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Pembangunan Rusunami atau apartemen dengan harga terjangkau diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Selain itu, adanya Rusunami dapat mengefesienkan pemanfaatan lahan untuk perumahan masyarakat.

“Pemerintah daerah ke depan mau tidak mau harus mendorong pembangunan perumahan secara vertikal atau Rusun. Pembangunan Rusunami akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah,” ujar Direktur Jenderal  Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Rabu (24/2).

BACA JUGA: 95 Ribu Rumah Dapat Bantuan Stimulan, Ini Syaratnya

Syarif menyontohkan Rusunami Sentraland Karawang yang dibangun Perumnas di Kabupaten Karawang menunjukkan pemerintah daerah sudah terbuka terhadap program pembangunan Rusun. Apalagi Pemkab Karawang juga memudah kan izin pembangunan Rusunami yang harganya cukup terjangkau tersebut.

“Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Program Sejuta Rumah dan setiap tahun ditargetkan pembangunan satu juta rumah untuk masyarakat. Potensi pembangunan Rusun bersubsidi untuk masyarakat pun di daerah sangat terbuka lebar mengingat kebutuhan rumah meningkat setiap tahunnya,” terangnya.

BACA JUGA: Fakta: Koperasi Masih Kesulitan Dapat Alokasi Pupuk Bersubsidi

Lebih lanjut, Syarif menerangkan, pembangunan Rusunami yang lokasinya cukup strategis selain akan diminati masyarakat, juga memperpendek waktu tempuh masyarakat saat akan pergi maupun pulang ke tempat kerjanya.

“Kini saatnya Pemda dapat memudahkan perizinan pembangunan Rusunami. Sebab kebanyakan pengembang lebih tertarik membangun rumah komersial dibandingkan rumah bersubsidi. Dan kunci pembangunan perumahan tentunya ada di perizinan di daerah,” tandasnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Didatangi Bos H&M, Jokowi Dapat Masukan soal Industri Busana

BACA ARTIKEL LAINNYA... BKPM Desak PLN Segera Atasi Krisis Listrik di Kupang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler