Ghana di Ambang Sejarah Baru

Rabu, 30 Juni 2010 – 06:17 WIB
SEJARAH - Fans tim Ghana di stadion. Foto: Stuart Franklin/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Ghana sedang menatap sejarahTim besutan Milovan Rajevac itu berpeluang menjadi tim asal Afrika pertama yang mampu melaju ke semifinal Piala Dunia

BACA JUGA: Perseteruan Dua Jagoan Spanyol

Sebelumnya prestasi tertinggi tim asal Afrika pada Piala Dunia adalah perempat final.

Ya, Kamerun adalah tim asal Afrika pertama yang mampu menembus perempat final pada Piala Dunia 1990
Kemudian jejak skuad berjuluk Singa Perkasa itu diikuti Senegal pada Piala Dunia 2002

BACA JUGA: Mimpi Indah Pironkova dan Zvonareva

Kini, Ghana telah berada di perempat final Piala Dunia 2010.

Bila mereka mampu melewati hadangan Uruguay pada 3 Juni nanti di Soccer City, Johannesburg, pada perempat final, maka mereka akan menjadi tim asal Afrika pertama yang menjejakkan kakinya di semifinal
Kalau gagal setidaknya bisa menyamai prestasi Kamerun dan Senegal.

"Tidak ada yang menyangka kami bisa berada di perempat final

BACA JUGA: Derita Arema, Tawa Sriwijaya

Tapi, ternyata saat ini kami berpeluang mencatatkan rekor baru bagi AfrikaKami punya semuanya untuk mendapatkan hasil bagus," ungkap John Pantsil, bek Ghana, seperti dilansir The Punch.

Ghana mampu melaju ke perempat final setelah melakoni partai yang berat melawan Amerika Serikat (AS) di babak 16 besarMereka merengkuh kemenangan tipis 2-1 melalui perpanjangan waktu, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Di fase penyisihan grup, The Black Stars (julukan Ghana) juga tidak melawatinya dengan mudahMereka harus bersaing dengan Jerman, Serbia, dan AustraliaTernyata, bersama Jerman, Ghana mewakili grup D dengan status runner-up grup.

Sukses Ghana melaju ke perempat final pada Piala Dunia 2010, telah menjadi langkah maju bagi merekaSebab, di Piala Dunia sebelumnya, satu-satunya tim Afrika yang masih eksis di Piala Dunia 2010 itu berhasil melaju ke babak 16 besar.

Bila mampu melaju ke semifinal, maka sangat membanggakan bagi Ghana dan juga AfrikaApalagi, Ghana diperkuat pasukan mudaDi Piala Dunia 2010, Ghana mencatat rekor sebagai tim dengan rata-rata usia paling muda, yakni 24,1 tahun.

Pelatih Ghana Milovan Rajecav berani memberikan kesempatan bagi para penggawa muda Ghana yang pada September tahun lalu menjadi juara Piala Dunia U-20Saat itu, mereka mencatat sejarah sebagai tim asal Afrika pertama yang juara.

Rajevac mengandalkan pemain muda seperti Dede Ayew, 20, Abdul Rahim Ayew, 22, Kwadwo Asamoah, 21, Jonathan Mensah, 19, Dominic Adiyiah, 20, dan Isaac Vorsah, 22Mereka dipadukan dengan para pemain senior, seperti John Pantsil, 29, John Mensah, 27, dan Stephen Appiah, 29.

Di saat tim Afrika lainnya gagal bersinar dan tersingkir di penyisihan grup, Ghana tampil menjanjikan"Kami adalah tim yang solidTidak ada perbedaan antara pemain senior dan juniorKetika datang ke lokasi latihan, Anda tak tahu mana pemain Eropa dan bukan," ujar Appiah(ham/ito/jpnn)

Prestasi Afrika di Piala Dunia

Babak                      Negara           Piala Dunia
Perempat final       Kamerun        1990
Perempat final       Segenal          2002
Babak 16 besar     Maroko           1986
Babak 16 besar     Nigeria           1994, 1998
Babak 16 besar     Ghana            2006

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unggul 1-0, Spanyol ke Perempat Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler