Ghiggia: Uruguay Kuat di Saat Sulit

Selasa, 06 Juli 2010 – 12:22 WIB
LEGENDA - Alcides Ghiggia dan trofi penghargaan yang baru saja diberikan FIFA kepadanya. Inzet: Ghiggia dengan kostum Uruguay di masa mudanya. Foto: FIFA.com/internet.
JOHANNESBURG - Generasi pecinta sepakbola sekarang mungkin banyak yang tak kenal sosok satu ini, serta hanya akan mengira ia adalah seorang "opa-opa" biasaNamun, Alcides Ghiggia adalah salah satu keping sejarah (sepakbola) asal Uruguay yang masih hidup

BACA JUGA: Van Marwijk: Semuanya tentang Laga Mendatang

Saat ini berusia 83 tahun, ia akan senantiasa dikenang sebagai sosok pencetak gol yang menumbangkan favorit juara sekaligus tuan rumah, Brazil, di laga final Piala Dunia (PD) 1950
Sebuah pertandingan yang dicatat sebagai El Maracanazo (berdasarkan venue pertandingan di Stadion Maracana, Red).

Enam puluh tahun berlalu setelah golnya yang menentukan nasib dua negara besar sepakbola itu

BACA JUGA: Duet Uruguay jadi Incaran

Kini, ia yang sengaja menyeberangi Lautan Atlantik ke Afrika Selatan (Afsel), demi menerima anugerah FIFA Order of Merit itu, sempat diajak bercerita sejenak oleh FIFA
Didahului dengan foto bersama para anggota tim Uruguay yang (saat itu) baru saja lolos ke babak 16 besar, ia pun berbagi komentar dan pandangannya, sebagaimana dimuat situs FIFA.com beberapa hari lalu:

Sr Ghiggia, terlebih dulu, selamat untuk penghargaan Anda

BACA JUGA: Heitinga Siap Matikan Forlan

Bagaimana perasaan Anda menerimanya?

Ini sangat berarti bagi sayaBenar-benar sangat, dan saya sama sekali tak menyangka (bakal menerimanya)Saya rasa belum banyak orang yang sudah menerima Order of Merit ini, dan (makanya) itu mengejutkan sayaMenerima medali dan trofi di usia seperti saya ini, terasa sangat luar biasa, dan susah dijelaskan dengan kata-kataIni merupakan wujud terbaik dari pengakuan yang bisa saya peroleh, dan saya merasa komplit sekarangRasanya seolah saya sudah mendapatkan semua.

Apakah Anda sudah sempat menyaksikan pertandingan sepakbola selama kunjungan di sini (Afsel)?
Saya menonton hampir semua pertandingan, dan saya harus katakan, saya rasa tidak ada tim yang benar-benar luar biasa (di sini) dibanding yang lainnyaSemuanya terasa seimbang, dengan gol (yang diciptakan) masih tak sesuai harapan(Saat ini) berkembang penekanan pada sektor pertahanan, dan itulah kenapa kita menyaksikan Piala Dunia yang anehAneh, ya, itulah kata yang saya gunakan untuk menggambarkannya.

Bagaimana pendapat Anda dengan penampilan Uruguay sejauh ini? (saat Ghiggia diwawancarai, Uruguay baru tengah bersiap untuk laga perdelapan final mereka, Red)
Apa yang bisa Anda katakan? Mereka tampil sangat baikMereka menampilkan permainan yang luar biasa melawan mantan juara dunia Prancis, dan mendapatkan hasil imbang sebagai sebuah awalLalu mereka dengan nyamannya mengalahkan Afsel dalam penampilan yang memukau, dan kemudian melakukannya lagi atas MeksikoItu hasil terbaik saya rasa.

Kemenangan atas Afsel itu seolah menambah bukti bahwa Uruguay bermain jauh lebih baik di luar kandangApakah memang begitu menurut Anda?
Ya, saya kira benarItu seperti telah menjadi bagian dari karakter pemain-pemain UruguaySaat tim ini berada dalam situasi yang berat, dan ketika segala sesuatu merintangi mereka, semangat mereka tampaknya malah menyala-nyalaItulah yang kami sebut dengan "la garra charrua" (sesuai salah satu julukan Uruguay, Red), dan hal itu memang benar-benar muncul ketika keadaan mendesak.

Kami baru saja melihat seluruh anggota tim Uruguay berfoto bersama AndaSiapa di antara para pemain itu yang paling memukau bagi Anda di lapangan?
Saya tidak tahuSusah rasanya menyebutkan salah satu namaMereka semua sama-sama menjalani fase grup yang luar biasa[Diego] Forlan dan [Luis] Suarez adalah yang mencetak gol-gol mereka, namun ada lapangan tengah luar biasa dan pertahanan yang solid di belakang merekaTak ada yang akan merasa mudah melewati Uruguay, itu bisa saya pastikan.

Oscar Tabarez sudah melatih Uruguay di beberapa PDSeberapa penting menurut Anda peran yang sudah ia jalankan?
Sebuah peran yang sangat pentingTabarez tahu apa yang ia lakukan, dan ia sudah berbuat yang terbaik dalam mengelola tim iniSaya rasa pengalaman yang ia miliki sebelumnya sangat berguna (dalam hal ini)Saya sudah pernah bicara banyak dengannya, tentang taktik, sistem, dan pertandingan secara umumDan saya bisa katakan pada Anda bahwa sepakbola telah berubah seiring waktuPara pemain (sekarang) sukar mendapatkan waktu untuk berpikir (di lapangan), ada begitu banyak tekanan atas mereka, dan mereka harus mengambil keputusan bahkan sedetik sebelum mendapatkan bolaJuga, ada begitu banyak pengawalan.

Lalu, sejauh mana (menurut Anda) Uruguay akan melaju (di PD 2010 ini)?
Hanya waktu yang bisa menjawab, namun saya kira mereka akan melaju jauhBerdasarkan apa yang sudah saya lihat sejauh ini, dan saya benar-benar tak tahu akan bagaimana pertandingan-pertandingan ke depan, tampaknya belum banyak tim yang telah menunjukkan potensi penuh merekaSaya rasa mereka akan mulai menunjukkan (potensi atau kekuatan) itu mulai dari sini (16 besar) ke depan, dan saya yakin Uruguay juga punya banyak yang bisa ditunjukkan(FIFA/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belanda Belajar dari Euro 2008


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler