Heitinga Siap Matikan Forlan

Selasa, 06 Juli 2010 – 07:33 WIB
JAGA - John Heitinga (kanan) beraksi di lapangan saat mematikan gerak pemain Jepang, Yoshito Okubo, dalam laga 19 Juni lalu di Durban. Foto: Phil Cole/Getty Images/FIFA.com.
CAPE TOWN - Tanpa Luis Suarez yang kena kartu merah saat menghadapi Ghana di perempat final, kekuatan lini depan Uruguay praktis tinggal berpusat ke Diego ForlanDalam skema 4-3-1-2 atau 4-2-3-1 yang mungkin dimainkan Oscar Washington Tabarez dini hari nanti, dia akan tetap menempati posisi di belakang striker utama dan berperan sebagai pembagi bola.

Meski tidak akan ditemani tandem utamanya, Belanda tetap memandang Forlan sebagai pemain yang berbahaya

BACA JUGA: Belanda Belajar dari Euro 2008

Oleh karena itu, pelatih Bert van Marwijk sudah menugaskan defender khusus untuk mengawal pergerakan striker Atletico Madrid tersebut
Dia adalah bek tengah John Heitinga.

Pemilihan Heitinga sebagai pengawal Forlan tidak terlepas dari pengalaman dia bermain di Atletico selama musim 2008-2009

BACA JUGA: Abreu Tak Ubah Gaya Eksekusi

Meski hanya semusim, dia sangat mengenal karakter Forlan, serta tahu cara menghentikannya
Apalagi, ketika masih sama-sama membela Alborroja - sebutan Atletico - mereka tergolong berteman dekat.

"Forlan memang pemain yang sangat tajam

BACA JUGA: Aksi Robben jadi Sorotan

Saya masih berhubungan dengannya setelah saya pindah ke Everton pada awal musim 2009Begitu tahu negara kami bakal bentrok di semifinal, saya mengirim SMS padanya," tutur Heitinga, seperti dikutip situs resmi FIFA"Isi pesan itu, saya-lah yang bakal membuat pertandingan nanti bagaikan neraka buat dia," lanjutnya sambil lantas tertawa.

"Sejujurnya, dia adalah pemain yang sangat tangguhTendangan dengan kedua kakinya sama-sama bagus, dan pergerakannya cepatSulit buat defender manapun untuk menebak manuver dia," papar Heitinga"Salah satu cara menghentikannya hanya menghalangi dia melepas tembakan," lanjut defender berusia 26 tahun itu.

Menurut Heitinga, Forlan merupakan tipe pemain yang bisa menjadi striker tunggalArtinya, dia selalu butuh tandem, meskipun nantinya Forlan lebih banyak menjadi target man ketimbang pengatur seranganDi Atletico, dia punya Jose Antonio Reyes dan Sergio AgueroSedangkan di timnas, ada Suarez.

Nah, dini hari nanti, Forlan tidak akan ditemani SuarezNamun, masih ada Sebastian Abreu yang bola-bola matinya juga sangat berbahayaEdinson Cavani juga siap menjadi supplier umpan dari sektor sayapTapi, itu tidak mengurangi optimisme Heitinga.

"Diego (Forlan, Red) memang berbahayaTapi dia tidak ada apa-apanya jika tidak didukung tim yang solidYang lebih berbahaya dari Diego adalah kolaborasi dia dengan SuarezDengan adanya mereka, 50 persen peluang bisa menjadi gol," papar Heitinga.

"So, saya cukup lega mendengar Suarez tidak bisa mainKini, kans kami ke final jauh lebih besar," yakin mantan rekan Suarez di Ajax Amsterdam itu pula(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lugano Berharap Bisa Tampil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler