GNPF MUI dan Polda Metro Koordinasi Pengamanan Demo 212

Selasa, 29 November 2016 – 19:17 WIB
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) dan Polda Metro Jaya berkoordinasi mengenai pengamanan Aksi Bela Islam Jilid III yang akan berlangsung di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/12).

"Ada tim bersama untuk mengatur. Ini kami realisasikan," kata Wakil Ketua GNPF-MUI, Zaitun Rahmin di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (29/11).

BACA JUGA: Besok IMM Kerahkan Ribuan Anggotanya di Depan Istana

Dia melanjutkan, pihaknya akan membentuk Satuan Tugas Pengamanan GNPF-MUI dari berbagai ormas Islam untuk membantu polisi mengawasi jalannya demo superdamai itu.

"Bagaimana penyusunan SOP di mana penempatan orang-orang yang salat lalu kemudian di mana tempat bagian kesehatan, kalau ada orang-orang yang memerlukan bantuannya lewat mana, semua sudah diatur. Kemudian, penetapan arah kiblatnya, kami berkoordinasi dengan Kementerian Agama," terang dia. 

BACA JUGA: Aguan, Pengusaha Sukses yang Masih Mau Memanggul Beras

Mengenai jumlah Satgas Pengamanan GNPF-MUI yang akan diturunkan, kata Zaitun, masih disusun secara internal. Namun, jumlahnya tidak sebanyak personel Polri.

‎"Tentu terbesar di pihak kepolisian. Tapi kami juga bantu. Saya belum bisa pastikan, kami lagi susun ini untuk melihat kebutuhan," terang dia.

BACA JUGA: Habib Rizieq gak Ikut, yang Hadir Panglima FPI

Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mengatakan bahwa dalam rapat koordinasi ini, GNPF-MUI menyampaikan konsep-konsep kegiatannya pada 2 Desember. Termasuk estimasi peserta demo.

"Jadi tadi kami rapat dengan panitia secara awal konsepnya mereka seperti apa, apa yang mereka akan tampilkan. Jumlah masanya berapa, dari mana saja," tandasnya. (mg4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok, Kejagung Akan Putuskan Status Berkas Ahok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler