Golkar Kalsel Gelar Penjaringan Serentak

Hari Ini Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Senin, 04 Januari 2010 – 00:34 WIB
BANJARMASIN – Partai Golkar Kalimantan Selatan melakukan penjaringan secara serentak untuk memilih bakal calon kepala daerah yang bakal diusung di Pilkada provinsi maupun kabupaten/kotaIni berbeda dengan partai politik lain di Kalsel yang menyerahkan penjadwalan pendaftaran bakal calon kepala daerah kepada  masing-masing pengurus di kabupaten dan kota.

“Kita membuka pendaftaran calon kepala daerah serentak di provinsi dan kabupaten/kota

BACA JUGA: Dana Tak Jelas, Jadwal Pilgub Molor Terus

Kalau DPD Tingkat I membuka pendaftaran bagi cagub dan cawagub Kalsel, lima DPD Tingkat II membuka pendaftaran cabup dan cawabup, dan dua DPD Tingkat II untuk calon walikota dan calon wakil walikota,” beber Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel, H Murhan Effendie


Seperti diketahui, di tahun 2010 ada tujuh kabupaten dan kota di Kalsel yang menggelar Pilbup dan Pilwako

BACA JUGA: Dipanggil PDIP Ayu Azhari Tak Hadir

Yaitu Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan dan  Kota Banjarbaru beserta Kota Banjarmasin
Pelaksanaan Pilkada juga dilakukan secara serentak, bersamaan dengan Pilgub Kalsel pada 2 Juni 2010 nanti

BACA JUGA: Soal Panwas, Pemprov Kalsel Minta Kepastian



“Pilkada di Kalsel saja dilaksanakan serentakJadi, kita menyesuaikan dengan pelaksanaan pendaftaran calon kepala daerah secara serentak pula,” ujar Murhan.

Lantas, kapan pendaftaran penjaringan calon kepala daerah dari Golkar dibuka? Mantan Ketua DPRD Tabalong itu mengatakan, masa pendaftaran berlangsung selama sepekan, dibuka mulai hari ini (4/1) dan ditutup Senin (11/1) depanMeski demikian Murhan menjelaskan, beberapa DPD Partai Golkar Kalsel dan tingkat kabupaten/kota sudah menerima beberapa lamaran dari kandidat-kandidat cabup/cawabup, cawali/cawawali dan cagub/cawagub Kalsel

“Memang sebelumnya sudah ada kandidat-kandidat calon kepala daerah yang memasukkan lamaran di Golkar provinsi dan kabupaten/kota, tapi ini pembukaan pendaftaran resmi,” jelas Murhan.

Di DPD Partai Golkar Kalsel sendiri, tercatat nama calon yang ingin bertarung di Pilkada lewat partai pimpinan Aburizal Bakrie itu antara lain HM Rosehan NB, H Sjachrani Mataja, H Rudy Resnawan dan HM Zairullah Azhar.  “Kita tunggu lamaran resmi para kandidat cagub dan cawagub Kalsel, baik eksternal maupun internal, kader-kader Partai Golkar,” ucapnya.

Kemudian setelah pendaftaran ditutup sepekan mendatang, Partai Golkar akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap berkas lamaran setiap bakal calon gubernur/wail gubernur, bupati/wakil bupati maupun walikota/wakil walikota“Soal berapa calon yang direkomendasi, tergantung juklak (petunjuk pelaksanaan) dari pusat (DPP Partai Golkar),” imbuh Murhan.

Tetapi, sambung mantan Wabup Tabalong ini, perlu pula diperhatikan bahwa Partai Golkar tidak sembarang pilih dalam menentukan calon yang diusung, Partai Golkar juga berpegangan pada hasil survey. (day/jpnn/ara)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BKN Dilibatkan Untuk Cari Calon Wakil Bupati


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler