Gubernur Riau Boyong Bupati-Walikota

Kamis, 04 Februari 2010 – 10:18 WIB
JAKARTA- Gubernur Riau HM Rusli Zainal membuktikan keseriusannya dalam memperjuangkan hak masyarakat Riau memperoleh Dana Bagi Hasil (DBH) di DPR RIMeski tidak masuk dalam undangan, Gubri memboyong hampir seluruh bupati dan walikota se-provinsi Riau

BACA JUGA: Gelar Tahlil Massal Lindungi Hutan

Akibatnya, rombongan dari Riau ini menyita perhatian karena membawa anggota rombongan melebihi undangan Banggar DPR RI.

Selain Rusli Zainal, tampak Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Bupati Dumai Zulkifli AS, Bupati Indragiri Hilir Indra Muchlis Adnan, Bupati Rokan Hilir Anas Makmun, Bupati Kampar Burhanudin Husin dan beberapa Bupati lainnya.

Pemerintah pusat memiliki utang DBH ke Riau mencapai Rp4,3 triliun
Jumlah ini memang menjadi jumlah yang paling terbesar dari daerah penghasil Migas lainnya di Indonesia.

"Memang yang diundang hanya lima perwakilan dari provinsi

BACA JUGA: Status PNS untuk Perangkat Desa

Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD dan lainnya
Tapi ini perjuangan bersama-sama

BACA JUGA: Curhat ke JK, Bachtiar Mengaku Tak Salah

Membuktikan bahwa Provinsi Riau sangat serius menuntut hutang pemerintah pusatNamanya hutang, selama hayat dikandung badan, tetap harus dilunasi," tegas Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit.

Akibat rombongan yang melebihi kuota, ruangan Banggar yang disediakan tidak mencukupiSekretariat Banggar berkali-kali mengingatkan rombongan penghasil Migas agar menetapkan lima perwakilannya saja di dalam ruangan.

Selain rombongan dari Riau, enam provinsi lainnya yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Maluku, Kepulauan Riau dan Sumatera Selatan juga memadati pertemuan yang dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB itu.

Karena ruangan tak cukup, Gubernur Riau Rusli Zainal akhirnya meminta sebagian bupati dan walikota yang hadir untuk menunggu hasil pertemuan di luar ruang rapat.

"Kita menunjukkan bahwa kita serius menagih janji pemerintah pusat melunasi utangnya pada rakyat RiauSebagian menunggu di luar, tidak apa-apaNanti kita bahas bersama-sama lagi hasilnya," kata Rusli Zainal.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sail Banda 2010 Diluncurkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler