Gula Darah Tinggi Bisa Ambyar dengan 5 Teh Herbal Ini

Kamis, 07 Juli 2022 – 04:42 WIB
Ilustrasi teh herbal. Foto:doktersehat

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang kini menderita beberapa penyakit, seperti kolesterol, diabetes, asam urat.

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat naiknya kadar gula darah seserorang.

BACA JUGA: Waspada, 3 Kebiasaan Ini Bikin Gula Darah Meroket Tajam

Gaya hidup yang tidak sehat, keturunan, mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa membuat gula darah meningkat drastis.

Diabetes bisa dikelola secara efektif dengan menjalani gaya hidup disiplin, tetap aktif, tidur yang cukup dan makan makanan yang seimbang.

BACA JUGA: 6 Teh Herbal yang Baik untuk Kesehatan, Yuk Dicoba

Teh herbal sangat dihargai sebagai obat terbaik untuk mengendalikan diabetes.

Teh adalah salah satu minuman yang paling disukai oleh sebagian besar dari kita.

BACA JUGA: Waspada, 3 Minuman Ini Bikin Gula Darah Naik Tidak Terkendali

Beberapa bukti menunjukkan bahwa teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Netmeds.

https://www.netmeds.com/health-library/post/diabetes-mellitus-5-best-teas-for-managing-blood-sugar-spikes?fbclid=IwAR3lYwsclOxNsoaDjQaY99h2fSEYbrmaaHhuFfukuJvryoSnTku2i1Cnf6c.

1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh herbal yang berada di puncak daftar yang menawarkan manfaat kesehatan penyembuhan yang besar, terutama bagi penderita diabetes.

Minum teh hijau secara teratur bisa menurunkan kerusakan sel, mengurangi peradangan dan mengontrol lonjakan gula darah.

Sejumlah besar senyawa bioaktif epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau telah terbukti memicu penyerapan glukosa ke dalam sel otot rangka, sehingga menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, minum teh hijau menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1C, keduanya merupakan indikator kontrol glukosa darah jangka panjang.

Dianjurkan untuk minum 2-3 cangkir teh hijau per hari untuk menuai insentif kesehatannya.

2. Teh Hitam

Teh hitam memiliki senyawa tanaman bermanfaat seperti theflavin dan thearubigins yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan penurun gula darah yang kuat.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam membantu meningkatkan sekresi insulin dan menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.

Disarankan untuk minum sekitar 3 cangkir teh hitam per hari untuk mendapatkan insentif penting.

3. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu adalah teh asam berwarna cerah yang diseduh dari kelopak tanaman kembang sepatu sabdariffa.

Dikenal sebagai teh asam, teh ini diberkahi dengan beberapa polifenol yang berharga, antioksidan seperti asam organik dan anthocyanin.

Minum teh kembang sepatu telah terbukti menunjukkan segudang manfaat kesehatan, termasuk mengendalikan tekanan darah, mengurangi peradangan, resistensi insulin dan mengelola kadar glukosa darah.

4. Teh Kayu Manis

Kayu manis, bumbu penting dalam berbagai masakan, tidak hanya menawarkan aroma yang memikat, tetapi juga memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa.

Ini dihargai karena sifat antidiabetesnya yang kuat dan minum teh kayu manis secara teratur bisa sangat menurunkan lonjakan gula darah.

Kayu manis bekerja dengan memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, meningkatkan penyerapan glukosa seluler dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah salah satu ramuan teh herbal yang telah teruji waktu yang dikenal menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk mengatur kadar gula darah.

Teh ini dikenal karena sifat astringen, antiinflamasi dan antioksidannya yang kuat yang secara signifikan mengoptimalkan kontrol gula darah, mencegah stres oksidatif dan juga membantu menurunkan berat badan.

Cicipi teh yang menenangkan ini untuk kontrol gula darah yang lebih baik dan memulai metabolisme.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler