Gunung Rinjani dan Pulau Moyo Juara Lagi

Rabu, 28 September 2011 – 06:54 WIB
Anugerah: Istri Menbudpar Trisna Jero Wacik (kiri) menyerahkan anugerah Cipta Award 2011 kepada Kadisbudpar NTB L Gita Aryadi (tengah) dalam malam penganugerahan Cipta Award 2011 di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (27/9) malam. Zulhakim/JPNN

JAKARTA — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) kembali mendapat anugerah Cipta Pesona Award dari Kementerian Pariwisata Seni dan Budaya (Kemenbudpar).  Ini merupakan penghargaan kedua setelah tahun lalu menyabet anugerah serupa dalam katagori pengelolaan kawasan wisata alam oleh masyarakat.

Panitia menyebut pengelolaan Rinjani unik dan mengalahkan destinasi lain mengingat polakemiteraan pemerintah, swasta dan masyarakat di bawah pengelolaan Rinjani Track Management Board (RTMB) untuk bersama merawat dan mengelola kawasan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia itu.

Besarnya keterlibatan masyarakat ini dalam menjaga kawasan tersebut membuat panitia menganugrahkan memberikan juara pertama kepada Rinjani dalam katagori daya tarik wisata alam yang dikelola oleh LSM atau Masyarakat.

Rinjani berhasil menyisihkan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggran kabupaten Gunung Kidul DIY Jogjakarta dan Kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan, Kabupaten Berau, Kalimantan TimurDengan raihan ini Rinjani menobatkan diri sebagai juara bertahan berturut-turut untuk dua tahun terakhir dalam katagori yang sama.

Sebelumnya dalam anugerah yang sama tahun 2010 lalu rinjani juga menjadi yang terbaik

BACA JUGA: Polri : Tujuh Bom Siap Meledak

Ia mengalahkan pengelolaan 15 destiasi wisata yang dikelola secara swadaya
Kala itu Rinjani mengungguli Pura Sangeh, Bali yang menempati posisi kedua dan Kawasan Wisata Penyu, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur di posisi ketiga.

Selain Rinjani NTB juga menempatkan itu Amanwana Resort, di Pulau Moyo, Sumbawa sebagai juara

BACA JUGA: Guru Hayat Ajudan Dr Azhari

Resort yang pernah dikunjungi mendiang Putri Diana itu tahun lalu sebagai Runner Up,  tahun ini naik kelas menjadi juara pertama dalam katagoori pengelolaan wisata alam  oleh BUMN, BUMD dan BUMS.  Tahun ini ia menyisihkan  True Balinese Experience, Kabupaten Badung, Bali serta Natural Hot SpringToya Devasya, Kabupaten Bangli.

Menteri Kebudayaan Jero Wacik menyebut tujuan penganugerahan ini sebagai bentuk reward bagi pengelola kawasan wisata berbasis lingkungan dan berkelanjutan
Dimana kriteria penilaian yakni kualitas pelayanan pola pelayanan berbasis kemasyarakatan dan beberapa aspek lainnya

BACA JUGA: Sultan Sepakat Tetap Gubernur Setahun Lagi

Ini tambahnya merupakan salah satu bentuk upaya mengejar target 10 juta wisatawan tahun 2014 mendatang.

‘’Saya optimis 10 juta tahun 2014 mendatang tercapai,’’ ujarnya dalam sambutannya pada malam penganugerahan Cipta Pesona Award 2011 di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (27/9) malam.

Dengan target itu maka estimasi pemasukan negara 100 triliun dari sektor pariwisata akan tercapaiSementara itu Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenbudpar Firmansyah Rahim selaku panitia menyebut, proses seleksi anugerah ini sejak Juni laluHasilnya masuk 131 nominasi dari 17 provinisIni terjadi peningkatan dari tahun lalu dengan  89 objek wisata dari 15 provinsi.

Penganugerahan ini sendiri berlangsung tadi malam sekitar pukul 20.00 Wib dihadiri Menbudpar Jero Wacik, serta sejumlah gubernur dan pejabat lainnya di Hotel Nikko Jakarta.

Usai penganugerahan itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya NTB yang juga ketua RTMB L Gita Aryadi menyebut, anugerah ini merupakan apresiasi pemerintah atas kerja keras masyarakat NTB bersama para pelaku wisata untuk mengembangkan pariwisata daerah.  Gita menyebut hadiah dana stimulus Rp 25 juta  yang diberikan panitia akan digunakan untuk pembenahan Rinjani.

‘’Terutama pembinaan pemandu wisata, porter dan masyarakat agar ada peningkatan kepedulian terhadap eco tourism di Rinjani,’’ ujarnya JPNN di lokasi yang sama.

Demikian halnya dana stimulus yang diterima AmanwanaGita menyebut ini juga akan dimanfaatkan untuk pembenahan fasilitas di kawasan Pulau Moyo, Sumbawa(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Siapkan 3 Opsi Bagi Sultan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler