Gunung Tertinggi di Amerika Menyusut

Jumat, 13 September 2013 – 18:28 WIB

jpnn.com - WASHINGTON--Puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dilaporkan telah menyusut. Hal itu berdasarkan data baru yang dirilis Lembaga Survey Geologi Amerika Serikat (USGS).

Berdasarkan pengukuran terakhir tinggi Gunung McKinley yang terletak di negara bagian Alaska ternyata menyusut sekitar 25,29 meter, lebih pendek daripada sebelumnya.

BACA JUGA: Menlu Prihatin Atas Konfik di Filipina Selatan

Menurut laman huffingtonpost, berdasarkan ukuran sekarang tinggi gunung ini adalah 6.166 meter. "Gunung itu terakhir kalinya secara resmi diukur pada 1952. Saat itu, tinggi gunung dicatat pada 6.194 meter," kata para peneliti.

USGS berspekulasi ketinggian berkurang bisa karena teknologi pengukuran saat ini lebih akurat atau karena "perbedaan iklim."

BACA JUGA: Masih Berumur 8 Tahun, Tewas di Malam Pertama

Lembaga ini kemudian merilis data tersebut sebagai bagian dari upaya untuk memperbarui semua peta topografi Alaska. Pengukuran baru tersebut dilakukan pada 2012 menggunakan radar Interferometric Synthetic Aperture, yaitu sebuah teknologi yang dirancang untuk melacak bentuk digital geografis yang kecil.

Gunung McKinley, tujuan populer pendaki gunung di AS yang juga dikenal dengan nama Denali, terletak di Taman Nasional Denali, negara bagian Alaska.(esy/jpnn)

BACA JUGA: Al Jazeera Adukan Penguasa Mesir ke Mahkamah Internasional

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim Jajaki Hukuman Mati untuk Pemerkosa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler