Guru Teladan dari MTsN Mataram

Minggu, 04 Januari 2009 – 13:05 WIB
JAKARTA--Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram, M Amin patut diacungi jempolPasalnya, tahun ini dia berhasil meraih juara I Guru Teladan MTs tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Agama (Depag) RI serangkaian menyambut acara Hari Amal Bhakti (HAB) Depag ke-63 tahun 2009.

Atas prestasi gemilang itu, maka pihak Depag RI mengundang M Amin ke Jakarta untuk menerima penghargaan/hadiah pada acara Tasyakuran dan Apresiasi Pendidikan Islam di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Sabtu (3/1)

BACA JUGA: Daerah Belum Nikmati Hasil Gas Tanguh

Penghargaan/hadiah itu diserahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag RI Prof Dr H Mohammad Ali MA, berupa sertifikat dan uang tunai untuk biaya pelaksanaan umrah.

Kepala MTsN 2 Mataram M Amin saat dihubungi JPNN Minggu (4/1), mengaku merasa sangat bahagia atas keberhasilannya meraih prestasi dalam mengikuti seleksi guru teladan MTs tingkat nasional ini.

''Saya tidak menyangka bisa berhasil meraih juara I
Karena terusterang saja, saya baru pertama kali ini mengikuti seleksi guru teladan,'' kata Amin, begitu Kepala MTsN 2 Mataram ini biasa disapa.

Dijelaskan, dari empat orang guru yang diutus pihak Kandepag Kota Mataram untuk mengikuti penyeleksian di tingkat Propinsi NTB, dia adalah satu-satunya guru yang berhasil lulus

BACA JUGA: Gubernur Bengkulu Siap Dihukum

Dengan begitu, M Amin pun berhak melaju ke tingkat nasional.

Sehingga, pihak Kanwil Depag Propinsi NTB mengirim empat orang guru untuk mengikuti seleksi guru teladan tersebut ke tingkat nasional
Yakni masing-masing satu orang guru dari tingkat RA, MI, MTs dan MA

BACA JUGA: Wabup Terpilih Tolak Jadi Saksi

Hanya saja, dari empat orang guru tersebut, M Amin adalah satu-satunya yang berhasil meraih prestasi gemilang dari utusan NTB.

Dijelaskan, ada beberapa hal yang diseleksi oleh pihak Depag RI, diantaranya karya ilmiah dan portofolioIsi portofolio itu kemudian dipresentasikan disamping seleksi wawancara mengenai empat kompetensiDiantaranya, kompetensi paidagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional.

''Tanggal 1 Januari 2009 saya dipanggil untuk presentasi portofolio dan wawancara yang dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Depag RI,'' ungkapnya.

Terhadap prestasi yang diraih ini, lanjut Amin akan ditularkan ke rekan-rekan guru lainnya di Mataram pada khususnya dan NTB pada umumnyaSehingga, nama daerah NTB di mata nasional tetap harum.

Yang jelas, janjinya bila nanti ada guru-guru lain hendak mengikuti seleksi di tingkat nasional, tentunya dia tidak akan tinggal diamDia akan memberikan bekal semaksimal mungkin kepada mereka, guna menumbuhkembangkan apa yang tela diraih (pengalaman), sehingga prestasi yang diraih ini bisa diraih pula oleh guru yang lain,'' ujarnya sembari mengatakan akan mempertahankan prestasi yang telah di raih ini, bila perlu akan ditingkatkan(sid/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabes Polri Bela Kapolda Sumut


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler