Hadapi Pasar Bebas, Rini: BUMN Belum Sepenuhnya Siap

Selasa, 02 Desember 2014 – 09:53 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menyatakan perusahaan pelat merah belum sepenuhnya siap dalam menghadapi masuknya pasar bebas. Hal itu dikatakan Rini menyikapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015.

Kendati begitu, Rini memastikan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan reformasi menajemen di beberapa perseroan dalam rangka meningkatkan daya saing ke tingkat internasional.

BACA JUGA: Inflasi November 1,5 Persen

"Saya harus mengatakan (BUMN) belum sepenuhnya (siap), terutama assessment menajemen sedang kita lakukan. Itu salah satu cara demi meningkatkan daya saing di pasar bebas ASEAN 2015," ucap Rini di kantornya, Jakarta, Senin (1/12).

Di mana proses penilaian yang dilakukan saat ini memiliki konsep yang berbeda dengan yang biasanya kementerian lakukan sebelumnya. Sehingga membutuhkan waktu lagi.

BACA JUGA: Target Beroperasi 2019, BUMN Bangun Tol Bakauheni-Palembang 373,4 Km

"Ada perbedaan assessment dengan yang sebelumnya. Assessment sekarang itu global, sebelumnya assessment lokal, yang secara standar manajemen BUMN saat ini masih dibawa assessment global,"‎ papar mantan Dirut PT Astra ini. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Tunda Jembatan Selat Sunda, Perbanyak Pembangunan Dermaga

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenkeu Gandeng KPK untuk Tekan Kebocoran Pajak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler