Hamdalah, Dua Kakak Beradik yang Terseret Ombak Berhasil Diselamatkan

Senin, 07 Agustus 2017 – 03:30 WIB
Tenggelam. Ilustrasi. Foto: Pixabay

jpnn.com, SUNGAILIAT - Pengunjung Pantai Matras Sungailiat mendadak heboh. Pasalnya dua bocah Adelia (13) dan Febriansyah (11) tenggelam terbawa ombak.

Berungtung, nyawa kedua anak tersebut berhasil diselamatkan.

BACA JUGA: Sering Dibully, Siswi SMA Ini Bunuh Diri dengan Cara Tragis

Kejadian berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB Minggu (6/8) ketika beberapa pengunjung mandi di daerah depan musholla Pantai Matras Sungailiat.

Cuaca yang memang sedang angin kencang membuat ombak tampak besar di Pantai Matras, sama halnya dengan situasi perairan Pantai Bedukang yang menelan korban tenggelam Jumat malam lalu.

BACA JUGA: Tugboat Pesanan Pertamina Tenggelam Saat Diluncurkan di Batam

Dua pengunjung yang asik mandi kemudian secara tak sadar agak ke tengah. Tanpa disadari keduanya terseret ke tengah hingga terlihat meminta pertolongan ke pengunjung lain.

"Ombak memang sedang besar, mereka mandinya agak ke tengah. Kelihat ngelambai tangan jadi orang-orang spontan nolong. Banyak yang nolong tadi, termasuk ibu-ibu itu," kata salah satu mahasiswa KKN UBB Matras di Rumah Sakit Medika Stania Sungailiat.

BACA JUGA: Berenang di Kolam, Dua Siswa SMP Silimakuta Tewas Tenggelam

Korban diketahui sedang berlibur ke Bangka ke tempat keluarganya di Puding Besar dan bermaksud menikmati keindahan Pantai Matras Sungailiat. Korban kakak beradik ini berasal dari Provinsi Jambi atas nama Adelia (13) dan Febriansyah (11).

Salah satu yang melakukan penyelamatan, Hj. Fitriani dari tim Emas Diving Babel ikut dilarikan diselamatkan karena sempat pingsan akibat kelelahan hendak menolong korban. Sedangkan untuk kakak beradik yang pertama kali diselamatkan adalah Febriansyah lalu giliran Adelia.

Setelah berhasil diselamatkan langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan mobil. Hj. Fitriani yang memang relawan untuk kegiatan SAR air ini dibawa menggunakan mobil pick up putih bersama Febriansyah. Sedangkan Adelia dibawa menggunakan mobil pick up oleh Mahasiswa KKN UBB di Lingkungan Matras.

Sesampai di rumah sakit ketiganya mendapat perawatan di ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Medika Stania Sungailiat. Beruntung ketiganya berhasil diselamatkan hanya tampak lemas karena kebanyakan meminum air laut dan kehabisan oksigen. Kondisi agak parah dialami Febriansyah yang harus diberikan infus.

Sedangkan Hj. Fitriani yang akrab disapa Ibu Sakinawa tampak sudah mulai berangsur stabil kondisinya. Kepada wartawan Ibu Sakinawa menuturkan, kejadian waktu itu usai sholat ashar yang mana ia sedang duduk seperti biasa tidak jauh dari musholla.

"Dak lama abis ashar tuh kedenger orang teriak minta tolong. Langsung la spontan berlari ke pantai. Sempat bolak balik lagi pantai ke darat, darat ke pantai ambil alat. Korban tuh bedua la di tengah timbul tenggelam," cerita ibu Sakinawa.

Dia sempat melihat Adelia berpegangan kepada Febriansyah seperti berpelukan. Setelah itu ia tidak lagi bisa mengetahui situasi karena pusing akibat kelelahan hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Orang tua perempuan korban tenggelam sempat menyatakan, kedua anaknya sudah diminta untuk berhenti berenang karena hendak melanjutkan perjalanan ke Pangkalpinang.

Namun kedua anaknya yang sedang asik berenang ini masih terus bermain hingga tanpa diduga mengalami kejadian yang hampir merenggut nyawanya.

Sampai berita ini diturunkan ketiga korban dalam peristiwa tenggelam masih dirawat di Rumah Sakit Medika Stania Sungailiat. Korban disarankan untuk rawat inap karena tampak kondisinya lemas serta kedinginan. Di rumah sakit tampak hadir melakukan pemantauan Lurah Matras, Kasat Polair Polres Bangka serta kerabat korban. (trh)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Innalillahi, Farhan Tewas Tenggelam Saat Berenang Bersama Temannya


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
tenggelam  

Terpopuler