Hamdalah Lobi Gus Yaqut Gol, WNI Bisa Segera Umrah Lagi Tanpa Booster

Senin, 29 November 2021 – 05:15 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Arab Saudi telah memperbarui aturannya tentang penerbangan internasional yang boleh memasuki bandara negeri kerajaan itu.

Melalui keputusan General Authority of Civil Aviation (GACA) tanggal 25 November 2021, Arab Saudi mengizinkan penerbangan dari Indonesia bisa mendarat langsung di Negeri Petrodolar itu mulai 1 Desember 2021.

BACA JUGA: Gus Yaqut Melobi Arab Saudi demi WNI Bisa Berangkat Umrah dan Haji Lagi

Menurut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, kebijakan baru itu memungkinkan penumpang dari Indonesia bisa langsung memasuki Arab Saudi tanpa harus transit di negara ketiga untuk menjalani karantina.

“Alhamdulillah, mulai pukul satu dini hari, pada Rabu 1 Desember 2021, warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ketiga selama 14 hari,” ujar Menteri Yaqut, Minggu (28/1).

BACA JUGA: Menag Kembali Umumkan Kabar Gembira soal Haji dan Umrah, Hamdalah

Gus Yaqut -panggilan akrabnya- memerinci negara selain Indonesia yang warganya juga sudah diizinkan memasuki Arab Saudi, yaitu Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Menteri cum politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan WNI yang hendak memasuki Arab Saudi tidak harus menerima vaksin dosis ketiga atau booster.

BACA JUGA: Soal Permendikbudristek PPKS, Gus Yaqut: Tidak Ada Alasan untuk Menolak

Namun, WNI yang sudah menerima vaksin dosis lengkap tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari.

“Semoga ini juga akan menjadi kabar baik buat jemaah umrah Indonesia yang sudah tertunda keberangkatannya sejak Februari 2021," ucap Gus Yaqut.

Mantan anggota DPR itu juga mengapresiasi respons cepat otoritas Arab Saudi atas sejumlah permintaan Indonesia.

Akhir Oktober lalu, Gus Yaqut mengunjungi Arab Saudi guna melobi beberapa pihak berwenang, antara lain, Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Syekh Abdullatif bin Abdulaziz, Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud, maupun Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi H.E Tawfiq F. Al-Rabiah.

“Dalam tiap kesempatan, saya sampaikan kepada mereka tentang kesiapan Indonesia dalam penyelenggaraan umrah di masa pandemi," ucapnya. 

Sebelumnya, Arab Saudi telah melarang penerbangan dari 20 negara termasuk Indonesia pada Februari lalu. Kebijakan itu merupakan efek pandemi Covid-19.

Pada Agustus lalu, Arab Saudi melonggarkan kebijakan itu. Negeri di bawah kekuasaan Dinasti al-Saud itu membuka perbatasannya bagi warga negara lain yang memiliki izin tinggal di Arab Saudi, baik mukimin maupun ekspatriat.(esy/jpnn)

 

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Baik dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia


Redaktur : Antoni
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler