Handal Berdiplomasi Wali Kota Ini Dijuluki "The Next JK"

Kamis, 24 Maret 2016 – 20:31 WIB
Menteri Luar Negeri Australia, Julia Bishop didampingi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat saat mengunjungi Lorong Garden (Longgar), Jalan Toddopuli II, Kassi-kassi, Rappocini, Makassar, Selasa (22/3). Foto: M Idham/FAJAR/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Hubungan Internasional Fadlan Muzakki memuji Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang cakap dalam membangun kerja sama dengan pihak internasional. 

Setelah berhasil melaksanakan pertemuan wali kota se-ASEAN, pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini juga sempat diundang oleh pemerintah Prancis dan juga pemerintah Amerika Serikat saat KTT AS-ASEAN di San Fransisco. Baru-baru ini malah Makassar menjadi satu-satunya kota yang dikunjungi oleh Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, selain Jakarta. 

BACA JUGA: Bagikan 5000 KIS, Walkot Makassar Pastikan Tepat Sasaran

Fadlan yang juga dosen Universitas Nasional (UNAS) Jakarta ini menilai keahlian membangun kerja sama internasional menjadi nilai positif yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk membangun kota-kota di Indonesia dalam konteks globalisasi.

“Di mata saya, sosok Wali Kota Makassar Danny Pomanto ini adalah ‘the next JK’, ia tidak hanya responsif dan inovatif dalam membuat terobosan membangun kota. Namun juga mahir membangun komunikasi dengan pihak internasional dengan titik tekan pada kepentingan nasional dan Kota Makassar secara khusus. Keahlian seperti ini mengingatkan saya pada sosok Jusuf Kalla (JK),” kata Fadlan di Jakarta, Kamis (24/3).

BACA JUGA: Dokter yang Jualan Narkoba itu Segera Diadili

Sebelumnya Menlu Julie Bishop memuji inovasi Kota Makassar yang diinisiasi Danny Pomanto, mulai dari program bercocok tanam melalui hidroponik, pemilahan sampah melalui kantong sortir yang disalurkan oleh Pemkot Makassar. Dia juga meninjau Puskesmas Pembantu di dalam lorong dengan pelayanan telemedicine, serta program homecare di mana petugas kesehatan datang ke rumah jika warga membutuhkan pertolongan pertama. (dil/jpnn)

BACA JUGA: HEBOH: Pengemis Muda Terjaring, Duitnya Bikin Kaget, Ini Orangnya!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Tahan Disidang, Terdakwa Pencabulan Minum Cairan Pembersih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler