Hanura Siapkan 600 Ribu Saksi

Kamis, 05 Desember 2013 – 08:38 WIB

JAKARTA- Keberadaan saksi di tempat pemungutan suara (TPS) sangat berarti untuk mencegah terjadinya manipulasi suara. Itu pula yang membuat Partai Hanura siap menempatkan ratusan ribu saksinya yang akan disebar di seluruh provinsi pada Pemilu 2014.  Tak kurang 6.000 saksi akan diterjunkan oleh partai  yang dipimpin Wiranto ini.
    
"Hanura menyiapkan 600 ribu saksi yang akan disebar disetiap TPS-TPS di Indonesia," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Hary Tanoesudibjo dalam acara pembekalan saksi Hanura di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Rabu (4/12).

Menurut Hary Tanoe atau yang akrab dengan akronim HT ini, persiapan saksi ini adalah yang terbesar yang dilakukan oleh parpol peserta pemilu. "Belum ada partai yang bisa menyiapkan saksi yang bisa memenuhi seluruh TPS termasuk partai yang paling besar," kata HT yang juga cawapres Hanura ini.

BACA JUGA: Peringatan Milad GAM Diwarnai Suara Tembakan

Dia menjelaskan, semua saksi yang dipilih harus memahami tugasnya. Oleh karena itu, pihaknya memberi masukan mulai dari koordinator hingga semua saksi.  "Mereka harus tahu strategi dan paham,  kita berikan masukan melakukan koordinasi,  mulai dari koordinator sampai saksi-saksi. Kita juga akan maksimal sebagai kader penggerak," bebernya.

Selain itu, kata Hary Tanoe, saksi- saksi itu juga akan ditempatkan pada titik-titik rawan penyimpangan. "Ini adalah bagian dari aturan. Kita siapkan saksi-saksi untuk titik rawan namun kita tidak bisa kita merinci satu-satu," jelasnya.

BACA JUGA: Politisi PD yang Terindikasi Korupsi Disarankan Mundur

Menurut HT, peran saksi juga sangat penting untuk memenangkan Hanura.  Dia optimistis Hanura dapat bersaing dengan partai besar dan memenangkan Pemilu 2014.  Apalagi hasil survei menempatkan Hanura pada posisi tiga besar.

"Saya optimis Partai Hanura akan menang pada pemilu nanti. Kita harus bersyukur Hanura sudah pada posisi tiga besar berdasarkan hasil survei," terangnya.

BACA JUGA: Beragama tanpa Berpolitik, Tak Mulus Masuk Surga

Pria berdarah Tionghoa ini  menegaskan, survei yang dilakukan itu dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Karena menggunakan responden lebih besar dari survei yang lain. "Survei ini menggunakan   responden sebesar 30 ribu  responden. Sedangkan yang survei lain kan bisa titipan tidak sebesar ini. Tapi kita juga harus konsisten sampai pemilu tahun depan," tegas HT.

Pada kesempatan yang sama,  Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan, partainya pada Pemilu 2014 akan berjuang mewujudkan Indonesia yang lebih baik. "Partai Hanura ingin menang, kenapa kita ingin menang,  karena kita ingin berubah. Partai Hanura berjuang untuk perubahan bangsa Indonesia menuju arah pembangunan yang benar," kata Wiranto yang juga menjadi capres Partai Hanura.

"Perubahan itu syaratnya bagaimana" Hanura harus menang bersama capres dan cawapresnya," tegas Wiranto disambut tepuk tangan ribuan  saksi Hanura yang mewakili ratusan ribu saksi lainnya.

Wiranto mengatakan,  untuk menang  peran saksi sangat penting.  "Kita juga butuh saksi seperti kalian, karena peran saksi itu sangat penting. Saksi adalah persyaratan kita untuk menang. Selain untuk memenangankan Hanura serta mengubah bangsa ini lebih baik," tutupnya. (di/ip)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bongkar THR ke Komisi VII DPR, KPK Cari Satu Bukti Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler