Harapkan TNI/Polri Tak Bikin Rakyat Takut

Selasa, 08 Juli 2014 – 17:55 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Tjahjo Kumolo melihat ada kesungguhan aparat untuk menjaga pemilu presiden (pilpres) berlangsung aman dan tertib dengan masifnya latihan pengamanan pemilu yang dilakukan oleh Polri maupun TNI. Namun demikian ia berharap hal itu bukan untuk menakuti rakyat tentang kemungkinan rusuh.

“Ini adalah sinyal kuat untuk menggentarkan mereka yang mau mencoba mengacaukan pemilu. Bagi Tim Kampanye Jokowi-JK, komitmen untuk berkampanye secara damai, dan taat pada seluruh aturan main adalah kunci bagi terwujudnya pemilu yang aman, jujur dan lebih demokratis,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (8/7).

BACA JUGA: Jokowi Terapkan Kepemimpinan Ala Khalifah Umar

Sekjen PDI Perjuangan itu menambahkan, pilpres kali ini menjadi penentuan untuk kebangkitan Indonesia yang lebih baik. Tjahjo pun mengharapkan penyelenggara pemilu, TNI, Polri termasuk aparat inteljen negara benar netral.

"Semoga atihan pengamanan pemilu itu bukanlah alat untuk menakuti rakyat. Bukan pula alat untuk memberikan sinyal pada capres tertentu. Latihan itu adalah tugas negara, sehingga TNI dan Polri benar-benar hadir terhormat dan tidak mau sedikitpun tergoda oleh berbagai kepentingan,” sambung anggota Komisi Pertahanan DPR itu.

BACA JUGA: Fadli Zon Laporkan Wartawan AS ke Baresrim Polri

Tjahjo juga mengarakan, alangkah bijaknya jika Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali memastikan tentang komitmennya untuk menjaga netralitas aparat birokrasi, TNI dan Polri. Menurut Tjahjo, pilpres Indonesia kali ini menjadi sorotan internasional.

Jika pilpres sukses dan tanpa kecurangan, kata Tjahjo, maka Presiden SBY akan tercatat sebagai Presiden RI yang bisa menjaga kualitas demokrasi. “Kami percaya, bahwa Presiden RI akan bertanggung jawab sepenuhnya atas netralitas TNI POLRI khususnya menyongsong Pilpres 9 Juli 2014 besok. Kita ingin pilpres ini menjadi pemilu yang paling adil. Sejarah bagi pemilu tanpa kecurangan dan kerusuhan,” ucapnya.(ara/jpnn)

BACA JUGA: Surat Suara untuk Yahukimo Belum Seluruhnya Terdistribusi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Seruan PBNU Untuk Pilpres Damai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler