Harga Minyak Naik Didorong Harapan Penurunan Produksi OPEC+

Jumat, 14 Februari 2020 – 11:39 WIB
Ilustrasi minyak dunia. Foto: pixabay

jpnn.com - Harga minyak naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor mengharapkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu atau OPEC +, akan kembali memotong produksi dalam menanggapi perkiraan permintaan merosot pada 2020.

Mengutip Xinhua, Jumat (14/2), West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret naik 0,25 dolar AS menjadi 51,42 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. 

BACA JUGA: Harga Minyak Terus Tertekan

Adapun minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April mengakhiri sesi naik 0,55 dolar AS atau 1,0 persen menjadi 56,34 dolar AS per barel.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menurunkan perkiraan permintaan 2020 untuk minyak mentahnya sebesar 200.000 barel per hari, mendorong ekspektasi OPEC+, dapat memangkas produksi lebih lanjut.

BACA JUGA: Virus Corona Merontokkan Harga Minyak Dunia

"Rusia telah cukup banyak mengisyaratkan bahwa semuanya dalam OPEC+ memberikan pengurangan produksi lebih dalam," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York.

"Tindakan harga minyak mentah mungkin menunjukkan posisi terendah kuat di tempat. Selama virus corona tidak menunjukkan tanda-tanda kuat bahwa penyebaran virus semakin meningkat, minyak mentah WTI dapat mencapai pertengahan 50-an dolar.”

BACA JUGA: Pemerintah Pastikan Tarif Listrik dan Harga Elpiji Melon Tidak Naik

Permintaan minyak di China, konsumen minyak mentah terbesar kedua di dunia, telah jatuh karena pembatasan perjalanan dan karantina wabah corona.

Pengilangan minyak China National Chemical Corp mengatakan akan menutup pabrik 100.000 barel per hari dan memotong pengolahan di dua pabrik lainnya di tengah penurunan permintaan bahan bakar.

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan permintaan minyak pada kuartal pertama akan turun untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, sebelum naik mulai kuartal kedua. Badan ini memangkas proyeksi pertumbuhan global setahun penuh menjadi 825.000 barel per hari.

"(Perlu) dicatat bahwa proyeksi ini untuk saat ini mengasumsikan pemulihan bentuk V dalam permintaan minyak, dengan sebagian besar penurunan terkonsentrasi pada kuartal pertama 2020," ungkap analis BNP Paribas Harry Tchilinguirian mengatakan kepada Reuters Global Oil Forum.

Brent dan WTI telah jatuh lebih dari 20 persen dari puncaknya pada Januari karena wabah penyakit.

"Semua fundamental pada dasarnya negatif dan bahkan ekuitas lebih rendah dan minyak mentah di sisi lain terus merosot," kata Bob Yawger, direktur berjangka di Mizuho di New York.

"Anda bisa berpendapat bahwa mungkin angka permintaan itu tidak seburuk yang dipikirkan pasar."

Ekspektasi permintaan bahan bakar yang lebih rendah telah menggeser struktur pasar untuk Brent dan WTI menjadi sebuah contango -- di mana harga cepat lebih rendah daripada yang akan datang kemudian. (ant/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler