Hari Ini Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Minggu, 11 Agustus 2024 – 04:25 WIB
Lima dari 6 finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA berfoto di panggung Festival Like-2, JCC, Jakarta, Jumat (9/8). Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Babak Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA akan digelar pada Minggu, 11 Agustus, dalam rangkaian Festival LIKE-2 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

LIKE merupakan singkatan dari Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi EBT.

BACA JUGA: Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 di Festival LIKE-2, Ada Jokowi, Lyodra

Festival LIKE-2 digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 8-11 Agustus 2024.

Pada hari kedua Festival Like-2, Jumat (9/8), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir untuk menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial seluas 1,07 juta hektare, Tanah Obyektif Reforma Agraria (TORA) seluas 43 ribu hectare.

BACA JUGA: Daftar Nama Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Presiden Jokowi juga menyerahkan SK lahan sawit rakyat, serta sertifikat layanan dana lingkungan untuk masyarakat.

Beberapa menteri mendampingi Presiden Jokowi, antara lain Menteri LHK Siti Nurbaya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono.

BACA JUGA: Daftar Nama 20 Besar Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024

Selain lomba Pidato Bahasa Inggris, pada hari terakhir Festival LIKE-2 juga akan digelar babak final Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA dan final Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa.

Beragam lomba bertema lingkungan hidup dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Khusus lomba pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024, data dari panitia menyebutkan jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia.

Jumlah peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris di babak penyisihan ini lebih banyak dari jumlah sekolah karena satu sekolah boleh mendaftarkan lima siswa/siswi sebagai peserta.

Dari 794 peserta, sudah dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya ada tahapan seleksi lagi dan dewan juri telah memilih peserta yang masuk babak 20 besar atau semifinal.

Pemeringkatan berdasar total nilai akhir yang diperoleh masing-masing peserta yang mempresentasikan pidatonya dan menjalani sesi interview.

Babak semifinal sudah digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024. Dari 20 peserta, dewan juri menetapkan 6 nama masuk babak final atau Top 6 Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024, yang akan digelar hari ini, 11 Agustus.

Dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, berikut ini daftar nama 6 finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 dan asal sekolahnya, yang terbagi dalam dua ruangan seleksi:

Ruang Satu

1. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, Sumbar

2. Verene Luvena - SMAS Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kaltim

3. Sam Ratu Adila - SMA Negeri 96 Jakarta

Ruang Dua

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del, Toba, Sumut

2. Kalila Dewi Sophia - UPH College, Tangerang, Banten

3. Ashiandra Samaraghandi Varadiana Harmanto - SMAN 11 Semarang, Jateng

Para finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 tingkat SLTA dan para finalis di lomba-lomba lainnya selalu menghadiri seluruh rangkaian acara Festival LIKE-2. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler