Hari ke-34, Ini 10 Fakta Terbaru Perang Rusia Vs Ukraina

Selasa, 29 Maret 2022 – 21:07 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah perundingan damai Rusia dengan Ukraina di Istanbul. Foto: Turkish Presidential Press Office/Handout via REUTERS

jpnn.com, KYIV - Selasa (29/3) adalah hari ke-34 pasukan Rusia menginvasi Ukraina.

Sejumlah perkembangan positif dan negatif terjadi hari ini.

BACA JUGA: Bantu Negosiasi Perdamaian Rusia-Ukraina, Roman Abramovich Diduga Keracunan Senjata Kimia

Salah satu kabar baiknya adalah delegasi Rusia dan Ukraina memulai putaran baru pembicaraan damai di Istanbul, Turki.

Pertemuan dibuka Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai inisiator dan tuan rumah.

BACA JUGA: Ukraina Dihujani Bom, Turki Kebanjiran Duit Rusia

Sayangnya, di saat bersamaan, militer Rusia masih menebar kehancuran di Ukraina.

Sebuah gedung pemerintah Ukraina di Mykolaiv dikabarkan hancur dihantam rudal Rusia, mengakibatkan delapan orang tertimbun puing-puing. (ant/dil/jpnn)

BACA JUGA: Geopolitik Rusia-Ukraina, Bikin Rupiah Hari Ini Anjlok

Berikut rangkuman peristiwa dan fakta penting di hari ke-34 invasi Rusia ke Ukraina:

1. Ukraina dan Rusia bertemu selama empat jam di Istanbul untuk putaran baru pembicaraan damai, dengan Kyiv mencari gencatan senjata tanpa mengorbankan kedaulatan atau integritas teritorialnya. Kedua belah pihak mengecilkan harapan terobosan awal.

2. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdo?an, membuka pembicaraan – pertemuan tatap muka pertama kedua delegasi dalam lebih dari dua minggu – di Istana Dolmabahce di Istanbul, mendesak kedua kelompok perunding untuk “mengakhiri tragedi ini”.

3. Oligarki Rusia Roman Abramovich hadir – dan pembicaraan dimulai dengan “sambutan yang dingin dan tanpa jabat tangan”.

4. Gedung pemerintah di Mykolaiv telah dihantam dan dirusak oleh serangan rudal. Tidak ada laporan korban jiwa tetapi delapan orang dikatakan terperangkap di bawah puing-puing.

5. Kementerian pertahanan Rusia mengklaim telah menghancurkan depot bahan bakar utama di wilayah Rivne Ukraina.

6. Kementerian Pertahanan Inggris merilis laporan intelijen terbaru tentang situasi yang terjadi di Ukraina, mengklaim pasukan Ukraina terus melakukan serangan balik lokal di luar Kyiv.

7. Militer Ukraina juga merilis laporan operasional terbarunya pada pukul 6 pagi ini dan tampaknya menguatkan dengan intelijen Inggris, mengklaim pasukannya melakukan serangan balik yang sukses di beberapa arah.

8. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba telah mentweet untuk menyerukan kepada negara-negara di seluruh dunia untuk mengkriminalisasi penggunaan simbol "Z" sebagai cara untuk secara terbuka mendukung perang agresi Rusia.

9. Dinas keamanan Finlandia mengatakan pihaknya mengharapkan negara tetangga Rusia untuk melakukan kampanye disinformasi selama beberapa bulan mendatang untuk mempengaruhi debat negara Nordik tentang bergabung dengan NATO.

10. Kementerian luar negeri Rusia memanggil duta besar dari negara-negara Baltik untuk mengumumkan pengusiran diplomat.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler