Hary Tanoe Yakin Indonesia Juara Piala AFF Futsal 2018

Selasa, 06 November 2018 – 15:57 WIB
Timnas futsal Indonesia. Foto: PSSI

jpnn.com, JOGJA - Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo optimistis Tim Nasional Futsal Indonesia menjadi juara pada Piala AFF Futsal 2018, 6-11 November 2018.

Indonesia yang berstatus tuan rumah mendapat hasil manis kala menumbangkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga perdana Grup A.

BACA JUGA: Anak Buah HT Khawatirkan Bahaya di Balik #2019GantiPresiden

“Kita harus berpacu supaya bisa meningkatkan ranking futsal kita di dunia internasional dan mudah-mudahan kemudian bisa melangkah ke Piala Dunia," kata Hary Tanoe saat membuka Piala AFF Futsal 2018 di GOR UNY Yogyakarta, Senin (5/11).

Dia berharap Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan bisa menjuarai event kali ini sehingga peringkat timnas bisa melesat ke posisi pertama.

BACA JUGA: Mendaftar ke KPU, HT Jamin Semua Bacaleg Perindo Bersih

Saat ini Indonesia duduk di urutan ketiga dari delapan peserta yang mengikuti turnamen itu.

“Suporter meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri. Namun, kalau di luar negeri supporter kita sedikit. Yang banyak suporternya lawan,” tutur Hary.

BACA JUGA: Mobil Hummer Hary Tanoe Picu Ricuh di Gerbang KPU

Oleh karena itu, kata Hary, membangun kepercayaan diri tak kalah penting dari peningkatan skill para pemain.

“Kita harus melatih mental juga supaya meskipun bertanding bukan di kandang sendiri, mental kita disiapkan dengan baik dan juga stamina dan kekompakan kita,” ujar Hary.  

Meningkatkan kekompakan, lanjut Hary, merupakan keharusan di tengah kondisi tim yang pemainnya berasal dari berbagai klub berbeda dengan waktu persiapan yang terbatas.

“Mereka itu rata-rata dari klub yang berbeda-beda, sedangkan persiapannya biasanya cuma beberapa bulan. Kadang-kadang belum cukup untuk bisa saling melengkapi dan bersinergi. Jadi, kami berpikir akan satukan para pemain ini dalam satu klub yang kemudian kami latih secara tersendiri,” papar Hary.

Sementara itu, Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi puas melihat hasil yang ditorehkan anak asuhannya hari ini.

“Dukungan suporter sangat kami butuhkan. Kuat pengaruhnya untuk mental pemain. Saya tentu berharap Indonesia bisa lanjut ke babak selanjutnya," harap Takahashi.

Kemenangan pada laga perdana menempatkan Tim Merah Putih di posisi kedua klasemen Grup A.

Indonesia masih berada di bawah Malaysia yang berhasil menghajar Kamboja dengan sepuluh gol tanpa balas.

Takahashi optimistis Timnas Futsal Indonesia akan berhasil menjuarai klasemen Grup A.

"Kami sudah mengumpulkan rekaman permainan lawan, lalu menganalisis video itu. Kami mempelajari permainan dan menerapkannya dalam strategi di saat latihan," pungkas pria asal Jepang itu. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perusahaan Milik Hary Tanoesudibjo Incar Rp 780 Miliar


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler