Hasnu Ibrahim Gagas PMII Movement Terlibat Tuntaskan Konflik Agraria di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 – 16:41 WIB
Kandidat calon Ketua Umum PB PMII Hasnu Ibrahim. Foto: source for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kandidat calon Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Hasnu Ibrahim, menawarkan PMII Pergerakan atau PMII Movemenet untuk menyelasaikan konflik agraria di Indonesia.

Hal itu tercantum dalam gagasan "Perfectum of PMII, Victory of Indonesia" dengan tema besar kepemimpinan organisasi "PMII untuk Nusantara Maju, Berdaulat dan Berkelanjutan".

BACA JUGA: Hasnu Ibrahim Gagas Percepatan Industri Perikanan Nasional di Kongres PMII XXI

Pemikiran itu akan ditawarkan dalam Kongres XXI PMII di Palembang, Sumatera Selatan pada 12 -14 Agustus 2024.

"PMII Movement ini adalah narasi PMII secara nasional untuk terlibat secara pro aktif dalam melakukan advokasi, pendampingan dan gerakan pada persoalan rakyat terutama konflik agraria," kata Hasnu dalam keterangannya, Selasa (18/6).

BACA JUGA: Maju Pemilihan Ketum PMII, Adlin Pandjaitan Bawa Visi tentang Arah Baru 

Berdasarkan data Konsorsium Pembaruan Agraria (2015 -2023), konflik agraria nasional berkisar pada angka 2.710. 

"Kepemimpinan PMII ke depannya harus terlibat melakukan pendataan dan pendampingan terhadap warga terdampak konflik agraria, agar reforma agraria yang diusung pemerintah segera dituntaskan," lanjutnya.

BACA JUGA: PMII Kritik Keras Tambang Lubang Galian C Samboja yang Kembali Menelan Korban

Hasnu mengatakan berdasarkan pemantauan PMII selama tiga tahun, konflik agraria ini hampir terjadi pada setiap sektor strategis.

Dia menjelaskan konflik agraria selalu terjadi di sektor perkebunan, kehutanan, pertanian korporasi, pertambangan, pembangunan infrastruktur, pengembangan properti, kawasan pesisir, lautan dan pulau-pulau kecil.

"Kami menilai Tim Nasional Reforma Agraria dan Gugus Tugas Reformasi Agraria gagal menjalankan tugas, dan menjamin percepatan reforma agraria berdasarkan perintah Perpres 86 dan harus dievaluasi," jelas Hasnu.

Menurut Hasnu, modalitas sosial seperti peta sebaran pengurus cabang dan PKC PMII se-Indonesia bisa dimanfaatkan membantu pemerintah dalam menuntaskan agenda reforma agraria.

"Kami memiliki peta jalan dalam menuntaskan agenda reforma agraria dan ini bisa dipadukan dengan konsentrasi pemerintah terutama ATR/BPN yang dipimpin Menteri AHY," kata Hasnu.

Ke depan, lanjut Hasnu, zona gerakan PMII berbasiskan pada isu lokal akan menjadi konsep jitu PMII secara nasional.

"Agar kehadiran PMII benar-benar menjadi pelopor dan penggerak kemajuan negara nusantara maju, berdaulat dan berkelanjutan," pungkas Hasnu. (mcr8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadi Calon Ketum PB PMII, Hasnu Ibrahim Usung Kredo Perfectum of PMII Victory of Indonesia


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler