Hasto Sebut Soekarno Run Ajang Menggelorakan Spirit Kemandirian

Minggu, 18 Agustus 2024 – 12:01 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat mengikuti Soekarno Run di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (18/8). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merasa kaget dengan membeludaknya warga untuk ikut Soekarno Run yang diselenggarakan parpol berlambang Banteng moncong putih.

Sebab, kata Hasto, antusiasme rakyat mengikuti Soekarno Run menandakan masyarakat ingin menghidupkan spirit kemandirian yang selalu digelorakan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

BACA JUGA: PDIP Gelar Soekarno Run, Usung Tema Berlari di Atas Kaki Sendiri

Diketahui, PDI Perjuangan membuat Soekarno Run bertema Berlari di Atas Kaki Sendiri di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (18/8).

"Bagaimana spirit Bung Karno untuk berdiri di atas kaki sendiri ternyata dibuktikan bisa berlari di atas kaki sendiri dengan penuh semangat menggelorakan semangat proklamasi," kata Hasto, Minggu.

BACA JUGA: KTP Milik Kader PDIP Ikut Dicatut, Hasto Duga Ada yang Mau Buat Kandidat Boneka 

PDI Perjuangan membuat tiga kategori dalam Soekarno Run kali ini, yakni lomba lari 17 kilometer, delapan kilometer, dan 4,5 kilometer.

Hasto melanjutkan PDI Perjuangan bakal menjadikan Soekarno Run sebagai acara tahunan demi merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia pada 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: Kasat Narkoba Polresta Barelang Diduga Terlibat Kasus Narkotika, Kompolnas Angkat Bicara

"Ini akan menjadi event tahunan dari PDI Perjuangan setiap tahun. Nanti pas Agustus kita buat Soekarno Run," kata orang dekat Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu.

Hasto mengaku cukup terengah-engah ikut lomba lari delapan kilometer dengan menempuh waktu hingga 71 Menit.

"Tadi saya delapan kilometer, waktu yang saya tempuh sekitar 71 menit. Sudah terengah-engah karena kurang tidur," katanya.

Politikus PDI Perjuangan yang juga cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno dan anak Ketua DPR RI Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani atau Pinka turut menjadi peserta Soekarno Run. 

Hasto mengaku berbicara dengan Puti ketika berlari dan menyebut anak Guntur Soekarnoputra itu sedang menguatkan spirit Bung Karno dengan ikut Soekarno Run.

"Saya katakan kepada beliau, you are represent the spirit, not just Soekarno idea, but also Soekarno spirit," lanjut alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto kemudian menerima pertanyaan awak media soal kemungkinan PDI Perjuangan membuat acara Soekarno Run pada tahun depan melibatkan sepuluh ribu peserta karena pelaksanaan 2024 ini diikuti sekitar enam ribu orang.

"Kami akan targetkan nanti sepuluh ribu, karena medalinya harus dipesan lebih awal. Ini kami buka emam hari, ternyata langsung habis untuk enam ribu orang," ungkap Hasto.

Diketahui, sejumlah politikus PDI Perjuangan seperti Komarudin Watubun, Yuke Yurike, Ina Amania, My Esti Wijayanti turut menjadi peserta Soekarno Run. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler