Hatta Ingin Moratorium Pengiriman TKW ke Luar Negeri

Minggu, 29 Juni 2014 – 22:22 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Calon Wakil Presiden Hatta Rajasa membeberkan cara untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia agar, tidak menjadi TKI di luar negeri. Salah satunya yakni dengan mendorong program UKM.

Hal itu dikatakan Hatta menjawab pertanyaan Cawapres nomor urut dua Jusuf Kalla. Dalam debat, JK bertanya cara untuk meningkatkan SDM di Indonesia agar tidak ke luar negeri.

BACA JUGA: Mantan KaBIN Yakin Jokowi-JK Menang Telak di Maluku

"Kita harus mendorong program UKM agar kita dapat meningkatkan tenaga kerja, kita harus memberikan kesempatan untuk mereka (UKM) berkembang, agar bisa menjadi bangsa bermartabat di mata dunia," tutur Hatta saat debat cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6) malam.

Soal TKI yang mencari kerja di luar negeri, mantan Menko Perekonomian ini tak melarangnya, asalkan mereka dibekali skill maupun kemampuan yang cukup sebelum bekerja di luar negeri.

BACA JUGA: Gusdurian Jabar Bantah Dukung Prabowo-Hatta

"Kita boleh mengeluarkan tenaga kerja ke luar negeri, tapi jangan tenaga kasar dan murah. Ke luar negeri mereka juga harus punya kemampuan dan skill yang memadai," seru Hatta.

Sementara untuk tenaga kerja wanita (TKW), ia berpendapat agar disetop sementara. "Untuk TKW, saya berpendapat, sebaiknya kita moratorium saja yang menganggu harkat dan martabat kita," tandasnya. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Tegaskan, Jokowi-JK tak Akan Hapus Sertifikasi Guru

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK : Revolusi Bukan Pemberontakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler