Hatta Rajasa, Capres Pusat Pemberitaan

Senin, 03 Oktober 2011 – 14:27 WIB

JAKARTA--Lembaga penelitian Developing Countries Centre Study (DCSC) Indonesia menempatkan Hatta Rajasa sebagai tokoh yang paling banyak mendapatkan porsi pemberitaan di tujuh surat kabar nasional yakni sebesar 20,5 persen atau setara dengan 646 artikel.

"Hatta Rajasa memperoleh porsi pemberitaan terbesar dari 17 tokoh kandidat calon presiden (capres) 2014 mendatang yang disurvei melalui 7 suratkabar terbitan Jakarta," kata Direktur Riset DCSC, Abdul Hakim, menyampaikan hasil surveinya, di Jakarta, Senin (3/10).

Tujuh suratkabar yang dijadikan objek analisis itu, kata Abdul Hakim yakni Indo Pos, Rakyat Merdeka, Kompas, Media Indonesia, Republika,  Suara Pembaruan, dan Seputar Indonesia.

Waktu pengumpulan data berlangsung tanggal 1 Juli hingga 30 September 2011 dengan metode analisis isi tematikJumlah artikel yang dianalisis dalam rentang waktu itu sebanyak 3.144 artikel

BACA JUGA: Rieke Protes Razia Pabrik Jamu Ilegal

Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan dan menganalisa semua artikel yang ada di suratkabar tentang 17 tokoh kandidat capres 2014.

Ketujuhbelas tokoh itu adalah Hatta Rajasa, Anas Urbaningrum, Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, Suryadharma Ali, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani, Ani Yudhoyono, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Din Syamsuddin, Prabowo Subianto, Pramono Edhi Wibowo, Puan Maharani, Hidayat Nur Wahid, dan Tommy Soeharto.

"Dari hasil analisis isi media itu diketahui bahwa Hatta Rajasa merupakan tokoh yang paling banyak mendapatkan porsi pemberitaan di tujuh suratkabar nasional
Porsi pemberitaan mengenai Hatta Rajasa sebesar 20,5 persen atau setara dengan 646 artikel," ujar Abdul Hakim.

Setelah Hatta Rajasa, posisi berikutnya masing-masing ditempati oleh Anas Urbaningrum (18,1 persen/569 artikel), Muhaimin Iskandar (12,3 persen (387 artikel), Mahfud MD (9,9 persen/312 artikel), Suryadharma Ali (7,7 persen/242 artikel), Aburizal Bakrie (6,4 persen/200 artikel), Megawati Soekarnoputri (4,4 persen/138 artikel), Sri Mulyani (4,2 persen/131 artikel), Ani Yudhoyono (4,1 persen/128 artikel).

Sedangkan Sri Sultan Hamengkubuwono X (2,9 persen/92 artikel), Din Syamsuddin (2,0 persen/62 artikel), Prabowo Subianto (1,6 persen/51 artikel), Pamono Edhi Wibowo (1,4 persen/44 artikel), Puan Maharani (1,0 persen/31 artikel), Hidayat Nur Wahid (0,3 persen/10 artikel), dan Tommy Soeharto (0,3 persen/10 artikel).

''Jika hanya diambil lima nama kandidat capres, maka nama-nama yang muncul adalah Hatta Rajasa, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani, dan Prabowo subianto,'' imbuhnya.

Pada rentang waktu ini relatif tidak banyak citra negatif yang menimpa 17 tokoh tersebut

BACA JUGA: Pram Nilai Pos P2 MA Positif

Citra artikel masih didominasi oleh sentimen positif dan netral
Meski ada citra negatif, tapi porsinya sangat kecil dibandingkan jumlah keseluruhan artikel masing-masing tokoh di suratkabar

BACA JUGA: Sengketa Pilkada Mesuji Disarankan Dibawa ke MK

Hal ini kemungkinan disebabkan pelaksanaan pemilihan umum 2014 yang masih tiga tahun lagi.

Terkait citra kandidat, dari enam kandidat terkuat yang akan tampil menjadi perebutan kursi RI-1 pada pemilihan presiden tahun 2014 mendatang, Hatta Rajasa, Anas Urbaningrum, Aburizal Bakrie, Megawati, Sri Mulyani, dan Prabowo– citra negatif belum begitu banyak menimpa merekaKandidat dengan citra negatif terbesar di antara keenam tokoh itu adalah Sri Mulyani dengan perolehan angka mendekati 4 persentukasnya(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Usung Dada Jadi Cagub


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler