Hatten Wines Merayakan Ulang Tahun ke-30

Senin, 26 Agustus 2024 – 20:20 WIB
Kilang anggur pertama dan tertua di Bali, Hatten Wines merayakan ulang tahun ke-30. Foto: supplied

jpnn.com, SANUR - Kilang anggur pertama dan tertua di Bali, Hatten Wines merayakan ulang tahun ke-30 menandai tiga dekade penuh dedikasi terhadap kualitas dan inovasi dalam industri anggur.

Sejak didirikan pada tahun 1994, Hatten Wines telah mengembangkan tradisi pembuatan anggur yang unik, memanfaatkan varietas anggur internasional dan warisan yang tumbuh di kebun anggur pulau Bali yang khas.

BACA JUGA: Festival Wine Digelar Pertama Kali di Jakarta, Ada 300 Jenis Minuman

Saat ini kilang anggur tersebut berdiri sebagai pemimpin di pasar lokal dan menjadi jenama wine Indonesia yang dihormati di komunitas anggur dunia.

Hatten Wines memulai perjalanannya pada tahun 1994 melalui anak perusahaan PT Arpan Bali Utama, dan secara resmi memulai operasinya di bawah PT Hatten Bali pada tahun 2000.

BACA JUGA: Wine Nabidz Berlogo Halal Ternyata Beralkohol, Pria Ini Lapor ke Polda Metro Jaya

Dari awal yang sederhana dengan satu produk anggur rosé yang dibuat dari varietas anggur asli Bali, Alphonse Lavallée, kilang anggur ini telah berkembang pesat.

Saat ini Hatten Wines mengelola sekitar 60 hektare kebun anggur di Singaraja, Bali, memproduksi berbagai jenis anggur yang mencerminkan terroir unik pulau Bali.

BACA JUGA: Kans Kaesang Pupus untuk Maju Pilkada, Bapaknya Beri Tanggapan

Portofolio produk kilang anggur ini telah berkembang selama bertahun-tahun mencakup tiga merek yang berbeda: Hatten Wines, TWO Islands dan TWO Islands Reserve, serta Dragonfly Wines.

Ketiga merek ini secara kolektif menawarkan 30 varian anggur (Hatten Wines memiliki 13 jenis, TWO Islands memiliki 11 jenis, TWO Islands Reserve memiliki 4 jenis, dan Dragonfly Wines memiliki 2 jenis), dengan lebih banyak lagi yang akan datang, termasuk TWO Islands Prosecco yang sangat dinantikan yang akan diluncurkan pada Oktober 2024.

Pada 10 Januari 2023, Hatten Wines mencapai tonggak penting dengan menyelesaikan Penawaran Umum Perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia, diperdagangkan dengan simbol 'WINE.'

Pencapaian ini menegaskan keberhasilan perusahaan yang berkelanjutan dan ambisinya untuk memperluas jangkauan dan pengaruhnya di dunia anggur yang berkualitas.

Hatten Wines yang diperdagangkan dengan simbol 'WINE,' terus menunjukkan kinerja keuangan yang menjanjikan di pasar saham.

Saham perusahaan ini saat ini diperdagangkan dengan rasio Price-to-Earnings (P/E) sebesar 19,03x dan rasio Price-to-Book (P/B) sebesar 2,90x. Perusahaan ini melaporkan laba bersih sebesar IDR 27 miliar untuk semester pertama 2024, yang merupakan peningkatan signifikan sebesar 19,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Selain itu, pendapatan perusahaan melonjak pada kuartal pertama 2024, dengan laba yang dilaporkan sebesar IDR 14,8 miliar, mencerminkan peningkatan sebesar 19,8% quarter-on-quarter (QoQ). Pertumbuhan keuangan ini didukung oleh posisi strategis perusahaan di pasar dan pemulihan industri pariwisata Bali.

Selain itu, Hatten Wines diakui sebagai Mitra Cobranding dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, sebuah pengakuan atas statusnya sebagai merek lokal asli yang secara aktif bermitra dengan kementerian untuk mengangkat merek lokal Indonesia ke panggung internasional.

Selama tiga dekade terakhir, Hatten Wines telah meraih berbagai penghargaan internasional, termasuk dinobatkan sebagai Winery of the Year oleh Asian Wine Review pada tahun 2017, mengungguli lebih dari 300 jenis anggur dari lebih dari 100 kilang anggur di sembilan negara Asia. Penghargaan Winery of the Year diberikan kepada kilang anggur yang secara konsisten unggul dalam proses pembuatan anggur dan profil rasa.

"Kebun anggur kami, yang terletak di antara desa Seririt dan Sanggalangit di pantai utara Bali yang indah, adalah jantung dari penelitian dan pengembangan vitikultur kami yang luas," kata Pendiri & CEO Hatten Wines Ida Bagus Rai Budarsa.

"Di sini, kami membudidayakan berbagai varietas anggur, mulai dari Muscat St. Vallier khas Bali hingga varietas internasional seperti Syrah, Chenin Blanc, dan beberapa lainnya, bekerja sama dengan petani lokal. Gambar ini menangkap pertumbuhan yang dinamis dan dedikasi yang mendefinisikan komitmen kami terhadap keunggulan dalam pembuatan anggur," kata Ida Bagus yang dinobatkan sebagai Southeast Asia Wine Pioneer Award pada tahun 2011 dan Bali Top Hospitality Leader pada tahun 2024.

Selain upaya pembuatan anggurnya, Hatten Wines juga berkomitmen pada pendidikan melalui Hatten Education Center.

Didirikan pada tahun 2016 di The Cellardoor di Sanur, Bali, pusat ini merupakan institusi pertama di Indonesia yang ditunjuk sebagai Penyedia Program Terakreditasi oleh Wine & Spirit Education Trust (WSET).

Penunjukan bergengsi ini memungkinkan Hatten Wines untuk menawarkan program pendidikan anggur dan spirit yang diakui secara internasional, meningkatkan pengetahuan dan keahlian baik untuk penggemar anggur dan profesional.

Dengan perayaan ulang tahun ke-30, Hatten Wines tetap fokus pada inovasi dan ekspansi. Dengan rencana untuk memperkenalkan varietas anggur dan metode penanaman baru di kebun anggurnya, Hatten Wines siap untuk melanjutkan peran pionirnya dalam pembuatan anggur di Indonesia. Peluncuran TWO Islands Prosecco yang akan datang adalah salah satu contoh dari perkembangan menarik yang segera diluncurkan. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Datang, Nama Anies Menggema di Kongres NasDem


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Hatten Wines   Wine   anggur   Bali  

Terpopuler