Heboh Ikan Dori adalah Ikan Patin, Menteri Edhy Bilang Begini

Rabu, 01 Juli 2020 – 17:45 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto: Humas KKP

jpnn.com, JAKARTA - Kontroversi ikan dori adalah ikan patin masih menjadi pembahasan di dunia maya. Banyak warganet mengira bahwa ikan dori yang beredar di pasaran saat ini adalah jenis ikan Jhon Dory yang hidup di laut.

Namun kenyataannya, dori fillet yang beredar luas di pasaran adalah ikan patin yang hidup di air tawar,

BACA JUGA: Menteri Edhy Akan Maksimalkan Budidaya Perikanan di Sumsel

Hal itu diketahui dari cuitan pengguna akun Twitter @hcahyono. Pria bernama Heru ini mengunggah fakta seputar ikan dori fillet.

Dalam cuitannya, ia membeberkan bahwa fillet ikan dori sebenarnya bukanlah jenis ikan dori, melainkan ikan patin.

BACA JUGA: Wow! Ikan Patin di Danau Toba, Bisa Rp 64 Ribu per Ekor

"Ternyata banyak yang baru tahu kalau Dori fillet yang dibeli di modern market atau cafe-cafe adalah fillet ikan patin," beber Heru sambil menunjukkan foto daging ikan dori.

Cuitan yang diunggah pada 21 Juni 2020 ini kemudian langsung ramai diperbincangkan. Ribuan netizen memberi tanggapan beragam. Sebagian besar orang tak mengira kalau ikan dori tak lain adalah daging ikan patin.

BACA JUGA: Bahas Proyeksi Perikanan, Menteri Edhy: Kami Harus Out of The Box

Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan.

Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket.

Ikan ini banyak diolah jadi beragam makanan. Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan tepung dan disajikan bersama kentang goreng yang dikenal dengan sebutan fish and chips. Daging ikan berwarna putih ini terbilang empuk dan tebal, rasanya juga gurih jadi tak heran banyak digemari.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pun angkat bicara terkait dengan hal tersebut. Menurutnya, ikan dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin, bukan ikan John Dory yang hidup di laut.

"Dori sebetulnya itu sama dengan patin. Tetapi umum mengetahui kalau namanya dori itu produk olahan dari luar. Yang produk Indonesia kita lebih sering menyebutnya dengan patin," kata Edhy Prabowo, Rabu (1/7).

Menurut Edhy, di berbagai daerah seperti di Palembang, ikan tersebut dijadikan menu khas yaitu pindang patin. Namun di restoran ikan patin ini dijadikan menu Fish n Chips.

"Dari rasa juga ikan patin sangat gurih, di kampung saya ikan patin jadi pindang yang rasanya sangat khas. Jadi ikan dori itu adalah ikan patin," jelasnya.(mg7/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler