Herwyn Kenalkan Tujuan & Sasaran Strategis Bawaslu di Depan Organisasi Pengawas Pemilu

Selasa, 30 Juli 2024 – 12:04 WIB
Sosialisasi Organisasi Pengawas Pemilu Bagi Stakeholder Pemilu yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah. Foto: Dokumentasi Bawaslu

jpnn.com, SEMARANG - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda memperkenalkan tujuan dan sasaran strategis Bawaslu di hadapan organisasi pengawas pemilu, mahasiswa, serta kalangan akademisi.

Herwyn dalam paparannya menilai pencegahan dan pengawasan pemilu akan berjalan lebih efektif jika ada peran stakeholder dalam melakukan pengawasan partisipatif.

BACA JUGA: Bawaslu Awasi Ketat Rekapitulasi dan Penetapan Hasil PSU Pemilu 2024 di 4 Provinsi

"Ini salah satu komitmen Bawaslu untuk terus melakukan sosialisasi dan merangkul mahasiswa dan akademisi agar mereka mengetahui apa saja yang telah dilakukan Bawaslu selama ini," kata Herwyn dalam Sosialisasi Organisasi Pengawas Pemilu Bagi Stakeholder Pemilu di Semarang, Jawa Tengah yang dikutip, Selasa (30/7).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu itu menjelaskan pentingnya kehadiran lembaganya, di antaranya efektivitas penindakan pelanggaran pemilu dan penyelesaian sengketa proses pemilu, pelayanan hukum yang harmonis dan terintegrasi, hingga sistem teknologi informasi yang terintegrasi, efektif, transparan dan aksesibel.

BACA JUGA: Raih WTP 9 Kali Berturut-turut, Bawaslu Konsisten Kelola Keuangan Secara Akuntabel & Transparan

"Kehadiran Bawaslu sangat penting untuk minimalisir terjadinya kecurangan," tegasnya.

Selain itu, lanjut Herwyn, kehadiran Bawaslu juga agar semua proses demokrasi berjalan sesuai aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Jabar Masuk Daerah Paling Rawan Gangguan di Pilkada 2024, Begini Arahan Bawaslu RI

Dikatakan Herwyn, Bawaslu memiliki proyek strategis, mulai dari pendidikan pengawasan partisipatif, pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu dan pemilihan partisipatif.

Selain itu, pengawasan pemilu partisipatif hasil piloting, serta penguatan pengawasan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler