Hmm, KPK Usut Kasus Suap Restitusi Pajak Tol yang Diresmikan Jokowi, Para Tersangka Dirahasiakan

Jumat, 05 Agustus 2022 – 02:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan proyek jalan tol di ruas Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi di Rest Area km. 538, Kabupaten Sragen pada Rabu (28/11). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyidiki kasus dugaan rasuah terkait pengurusan restitusi pajak proyek pembangunan Jalan tol Solo-Kertosono di Kantor Pajak Pratama Pare, Jawa Timur.

Jalan tol yang menjadi bagian Trans-Jawa itu dibangun dan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: KPK Gelar Bimtek Antikorupsi bagi Jajaran Pupuk Indonesia

"Berdasarkan hasil penyelidikan yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyidikan dalam perkara dugaan suap terkait pengurusan restitusi pajak proyek pembangunan Jalan tol Solo Kertosono di Kantor Pajak Pratama Pare, Jawa Timur," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (4/8).

Meski sudah menetapkan tersangka, Fikri menerangkan KPK merahasiakan identitas para pelaku.

BACA JUGA: KPK Usut Korupsi di Pertamina, MAKI Yakin Gas Mozambik Sumber Masalahnya

Pria berlatar belakang jaksa itu juga enggan membeberkan kronologi perkara sekaligus perbuatan pidana termasuk pasal-pasal yang disangkakan saat ini.

"(Akan diekspose) saat dilakukan upaya paksa penangkapan dan penahanan," kata dia.

BACA JUGA: 3 Legislator Dijadikan Tersangka oleh KPK, Kasusnya Urusan Ketok Palu

Fikri menerangkan penyidik sudah mengumpulkan alat bukti terkait kasus suap itu.

Penyidik juga sudah memeriksa berbagai saksi yang dapat menerangkan dugaan perbuatan pidana dimaksud.

"KPK akan selalu menyampaikan perkembangan dari penyidikan perkara ini agar masyarakat juga dapat turut mengawasi," jelas dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen pada Juli 2018 silam di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa Jalan Tol Trans Jawa secara bertahap akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi.

"Saya gembira karena Jalan Tol Ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap Ruas Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi," kata Jokowi saat itu.

Di tahun yang sama pada Desember, Jokowi meresmikan lagi empat ruas jalan tol di Jawa Timur pada Kamis. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kabupaten Nganjuk, Jalan Tol Trans Jawa di kilometer 671.

Empat ruas tol tersebut adalah Ngawi - Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km, Tol Jombang - Mojokerto segmen Bandar Kertosono sepanjang 0,9 km, Tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati 13,65 km, dan Tol Surabaya - Gempol seksi relokasi Porong-Gempol 6,3 km.

Peresmian ini dilakukan setelah Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan menempuh perjalanan darat menggunakan Bus Damri, dari Surabaya menuju Semarang. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Periksa Maming sebagai Tersangka


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler