Hodgson Minta Pemain Tekan Ego

Rabu, 21 Mei 2014 – 07:50 WIB

jpnn.com - ALGARVE - Berada satu grup dengan Italia, Uruguay, dan Kosta Rika, Inggris bakal menghadapi tantangan keras untuk sekadar lolos ke babak berikutnya di Piala Dunia 2014.

Apalagi, bisa dibilang secara materi lini per lini, Italia dan Uruguay sedikit lebih mentereng ketimbang pasukan Roy Hodgson yang tak akan diperkuat John Terry, Ashley Cole, dan Michael Carrick itu.

BACA JUGA: Parma Tersandung Lisensi UEFA

Karena itu, setiba tim asuhannya di Resor Vale do Lobo, Portugal, untuk menjalani pemusatan latihan pada Senin lalu (19/5), Hodgson meminta Steven Gerrard dkk untuk menanggalkan ego masing-masing.

"Kami tahu, satu-satunya peluang bagi kami untuk bisa sukses adalah jika bisa bermain sebagai sebuah tim," kata Hodgson dalam jumpa pers kemarin (20/5), seperti dikutip Daily Mail.      

BACA JUGA: Sturridge Ajak Pemain Inggris Enjoy

Terdengar klise, memang. Tapi, Hodgson memberi contoh apa yang dialami Prancis di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ketika itu, skuad Prancis mengalami perpecahan buntut perselisihan sejumlah pemain yang dimotori kapten Patrice Evra dengan pelatih Raymond Domenech. Jadilah Prancis yang materinya sebenarnya mengkilap terhenti di babak pertama.

Menurut Hodgson, tiap tim, dalam tekanan ajang sebesar Piala Dunia, memang akan mengalami masalah masing-masing. Buntutnya, pemain terbaik sekalipun bisa melakukan kesalahan.

BACA JUGA: Raphael Maitimo Absen, Hendra Ridwan Dipasang

"Anda tak bisa mengontrol momen seperti ketika Steven Gerrard kehilangan bola dan terpeleset (saat melawan Chelsea di Premier League musim lalu). Tapi, kalau itu sudah terjadi, ya sudah. Yang bisa dikontrol adalah kerja sama tim dan bagaimana memilih pemain yang mau bekerja sebagai sebuah tim," ujar eks pelatih Fulham dan West Bromwich Albion tersebut.

Perebutan gelar Premier League musim lalu memang berlangsung dramatis hingga ke pertandingan terakhir. Jadi, wajar kalau Hodgson sedikit khawatir rivalitas dan egoisme klub itu akan terbawa ke dalam timnas.

Inggris akan menjalani pemusatan latihan di Vale do Lobo selama lima hari. Sesudahnya mereka akan menjalani serangkaian uji coba di Inggris dan Amerika Serikat sebelum terbang ke Brasil.

Termasuk dalam rombongan Inggris ke Portugal adalah psikiater olahraga Dr Steve Peters. Peters yang pernah bekerja di Liverpool, tim balap sepeda Inggris, dan bintang snoorker Ronnie O'Sullivan itu akan terlibat dengan skuad Three Lions - julukan Inggris- hingga akhir kiprah mereka di Piala Dunia 2014.

Sementara itu, penyerang Inggris Daniel Sturridge meminta rekan-rekannya bermain tanpa beban selama di Piala Dunia 2014 nanti. Justru mereka harus menikmati tiap menit yang dijalani di ajang akbar empat tahunan tersebut.

"Saya tak sabar menjalani latihan pertama sebagaimana saya juga tak sabar menunggu pertandingan pertama," kata pemain Liverpool itu seperti dikutip Daily Mirror.

Sturridge diperkirakan akan menjadi tandem Wayne Rooney di lini depan Inggris. Penampilan mantan pemain Chelsea itu di sepanjang musim 2013-2014 sangat menawan. Dia menyumbangkan 31 gol dalam total 43 penampilan bersama Liverpool. (ttg)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi Minta Maaf, Alba Membela


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler