Honda CBR150R Terbaru, Bodi Besar, tetapi Lincah

Sabtu, 16 Januari 2021 – 10:57 WIB
Tim JPNN.com saat menguji sejenak CBR150R di Astra Honda Motor (AHM) Safety Riding Center, Delta, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM

jpnn.com, CIKARANG - Setelah beberapa hari lalu resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor, JPNN.com diberi kesempatan untuk menguji produk terbaru CBR150R di Astra Honda Motor (AHM) Safety Riding Center, Delta, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (14/1).

Meski sesi test ride cukup singkat, tetapi kami bisa merasakan handling dan performa fitur baru yang disematkan pada motor sport generasi kelima itu.

BACA JUGA: Honda CBR150R Terbaru Hadir dengan Sederet Fitur Baru, Cek Selengkapnya di Sini 

Secara dimensi, Honda CBR150R terbaru itu terlihat lebih berisi dibanding pendahulunya. Motor tersebut diklaim memiliki bobot bertambah 2kg.

Dari berkendara, CBR150R sangat nyaman untuk dikendarai harian.

BACA JUGA: Dari Atap Rumah Warga Melihat Korban Melambaikan Tangan Minta Tolong Saat Terseret Banjir

Posisi badan tidak terlalu merunduk sehingga tidak membuat badan terasa letih.

Kemudian posisi setang juga nyaman lantaran didukung dengan bagian bawah tangki yang ramping sehingga paha kami dapat menjepit tangki.

BACA JUGA: Detik-detik Penangkapan 6 Pengedar Narkoba

Dalam sesi pengujian, lintasan dibuat sedemikian rupa dengan berbagai rintangan mulai dari jalan berkelok hingga trek lurus untuk menguji perform mesin.

Untuk membuktikan ketangguhan CBR150R terbaru kami melintas jalan zig-zag atau berkelok-kelok. Kami merasakan CBR150R terasa jinak dan enteng ketika melintasi jalanan tersebut.

Artinya, motor ini siap diajak selap-selip di jalan perkotaan yang kondisi lintasanya padat.

Melintasi tikungan dengan karakter high speed juga terasa nyaman meski motor tersebut digeber dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, pembekalan suspensi depan berjenis inverted front suspension atau upside down dan rem dengan teknologi ABS dual-kanal membuat segala terasa lebih menyenangkan.

Hal yang lain kami soroti dalam pengujian ialah fitur baru assist/slipper cluth pada CBR150R terbaru. Dengan adanya fitur baru ini, kopling terasa lebih empuk.

Tentunya ini menjadi nilai kala motor digunakan untuk harian terlebih ketika melewati jalanan kota yang padat. Dengan kopling empuk tentu tangan kiri tidak akan terasa pegal.

Dikatakan, kelebihan fitur baru itu ialah mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine break saat penurunan gigi secara ekstrem.

Tidak ada perubahan mesin dibanding pendahulunya. Honda CBR150R masih menggendong mesin DOHC berkapasitas 150cc berpendingin cair yang menawarkan tenaga 17,1 PS dan torsi 14.4Nm

Ketika melakukan pengujian dengan lintasa lurus, kami sempat memacu motor hingga 80-90 kilometer per jam.

Kami merasakan hentakan tenaga bawah hingga atas terus terisi. Selain itu tidak ada getaran dan mesin rasanya halus. (ddy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler