Honorer Teknis Terima Saja PPPK, Jangan Sok Jual Mahal, PNS Sulit Terjangkau

Rabu, 17 Mei 2023 – 20:05 WIB
Honorer Teknis Terima Saja PPPK, Jangan Sok Jual Mahal, PNS Sulit Terjangkau . Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Forum Honorer K2 Tenaga Administrasi Indonesia Andi Melyani Kahar mengimbau honorer teknis tidak menolak PPPK. 

Jangan juga berharap banyak pada revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan salah satu pintu menjadi PNS.

BACA JUGA: Honorer Teknis Sulit Jadi ASN, Ribuan Calon PPPK Guru 2022 & Nakes Malah Mundur, Miris!

Dia pesimistis revisi tersebut akan berjalan mulus, karena pemerintah sepertinya ingin menggiring honorer ke PPPK.

"Jangan menolak kebijakan PPPK ini, karena status honorer malah posisinya lemah, swaktu-waktu bisa dicoret pemda," kata Sean, sapaan akrab honorer K2 tenaga administrasi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini kepada JPNN.com, Rabu (17/5).

BACA JUGA: Kepala BKN Sebut Honorer Teknis Bisa Dapat Afirmasi Seleksi PPPK, Asal...

Untuk saat ini, tambahnya, honorer teknis sebaiknya menerima saja apa yang sudah diberikan pemerintah, yaitu PPPK. Daripada terkatung-katung karena menunggu diangkat PNS, tetapi tidak jelas kapan realisasinya.

"Ingatlah menjadi honorer daerah itu diselimuti dengan kekhawatiran. Bisa dihilangkan kapan saja, entah itu faktor sentimen atau politik," ucapnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Merestui Penyelesaian PPPK Guru, Bagaimana Nasib Honorer Teknis Administrasi?

Jadi, tambah Sean, tetap berpikir positif bahwa Tuhan akan memberikan jalan. Mudah-mudahan tahun ini honorer teknis bisa mengikuti jejak guru dan nakes.

Sean menegaskan bila pemerintah memberikan afirmasi, honorer teknis pasti lebih banyak yang lulus. 

"Guru saja hanya dites observasi, kok honorer teknis malah tesnya dihadapkan dengan pelamar umum. Kami berharap honorer K2 hanya diseleksi observasi," terang Sean.

Dia juga ikut mengomentari banyaknya calon PPPK guru dan PPPK nakes yang mengundurkan diri. Mereka sudah lulus, tetapi sayangnya kurang bersyukur dengan berkat Tuhan yang sudah di tangan mereka.

Dia mengaku sedih dengan sikap para guru honorer dan nakes. Ketika Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menkes Budi Gunadi Sadikin sudah berbaik hati memberikan afirmasi, malah disia-siakan honorernya.

Sean mengingatkan calon PPPK yang mundur namanya sudah di-blacklist pemerintah.

"Semoga setelah ada afirmasi bagi honorer teknis dan dijadikan PPPK, tidak ada lagi honorer yang sok jual mahal dan berkoar-koar menyalahkan pemerintah, padahal honorernya yang enggak mau jadi PPPK," pungkas Sean. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
honorer teknis   honorer K2   PNS   PPPK  

Terpopuler