Hotel Meruorah Komodo, Main Venue KTT Asean 2023 Sukses Dikembangkan ASDP

Minggu, 14 Mei 2023 – 12:40 WIB
Hotel Meruorah di pusat kota Labuan Bajo. Foto dok ASDP

jpnn.com, LABUAN BAJO - Kehadiran Hotel Meruorah di pusat kota Labuan Bajo membawa nilai budaya tinggi serta experience yang berkesan bagi masyarakat dan juga wisatawan.

Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo ini sukses dikembangkan ASDP sebagai bagian transformasi dan inovasi pengembangan bisnis properti tepi pantai (waterfront destination).

BACA JUGA: Begini Cara ASDP Mendukung Program Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Pekerja BUMN

Dengan aset yang sebagian besar berada di tepi laut, mendorong ASDP untuk terus melakukan inovasi bisnis, salah satunya waterfront property.

"ASDP sebagai entitas pemilik, memiliki visi untuk mendukung kemajuan pariwisata tanah air melalui diversifikasi bisnis yang berorientasi pada pengembangan kawasan waterfront destination. Hal ini akan mendukung konektivitas dan bisnis hospitality di Labuan Bajo," ujar Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi.

BACA JUGA: Dukung KTT ASEAN 2023, Sarinah Jadi Kurator dan Sediakan Showcase UMKM

Ada beberapa event internasional yang sudah menggunakan Meruorah sebagai venue utama.

Di antaranya International Association Women Police pada 2021 dan enam site event G20 setingkat menteri yakni Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting pada 2022, dan kini KTT Asean 2023.

BACA JUGA: Bandara I Gusti Ngurah Rai Turut Membantu Kelancaran KTT Asean

Kehadiran Hotel Meruorah diharapkan membawa dampak signifikan terhadap perekonomian di Labuan Bajo.

Terlebih, masa tinggal wisatawan di Labuan Bajo terus meningkat dari rata-rata hanya 1,7 hari.

Sehingga, berkontribusi positif meningkatkan perekonomian.

Pengeluaran wisatawan selama di Labuan Bajo, turut mendongkrak devisa serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

"ASDP berupaya menciptakan destinasi wisata baru dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata Tanah Air. Kami berharap, masyarakat atau turis yang datang ke pelabuhan ASDP, tidak hanya untuk menyeberang saja. Tetapi juga mendapatkan experience lebih dengan berbagai fasilitas yang ada," ujar Ira.

Hotel Meruorah memiliki total hingga 145 kamar yang didesain dengan sentuhan kearifan lokal berstandar internasional nan elegan sehingga hotel ini dipilih menjadi venue utama KTT ASEAN 2023.

Hotel ini memiliki enam jenis kamar dengan pemandangan dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang outdoor dan Sky Lounge yang menghadap ke laut dapat memanjakan para wisatawan yang menginap.

Enam jenis kamar yang tersedia, mulai dari The Signature Hill View, yang didesain untuk relaksasi.

Jenis kamar ini menghadap langsung ke perbukitan terjal Labuan Bajo sehingga menambah sensasi ketenangan. Lalu, The Signature Sea View yang menawarkan pemandangan laut Labuan Bajo.

Restoran di hotel ini juga menyajikan menu masakan lokal dan internasional dengan bahan-bahan segar, di mana tamu dapat menikmati santapan baik di dalam restoran ataupun di teras dengan view Labuan Bajo.

Selain kamar-kamar dengan berbagai fasilitas dan view serta multifunction hall, masterpiece Meruorah yang lain adalah Executive Lounge di lantai 7.

Pada perhelatan KTT Asean, ruang Executive Lounge inilah yang "disulap" sebagai tempat makan siang para kepala negara.

Set-up meja makan di area ini menghadap ke laut sehingga para kepala negara dapat menikmati langsung indahnya hamparan laut Labuan Bajo.

Untuk set-up meja makan ini, tim IFPRO mendatangkan langsung meja panjang ukuran 12 meter dari Kabupaten Bantul Jawa tengah dengan bahan kayu trembesi.

Peralatan makan di mana seluruh piring, sendok dan garpu didesain berlambangkan Garuda sebagai icon bangsa Indonesia yang besar dan kuat.

Dan tidak kalah cantik, ornamen lampu yang dipasang di Executive Lounge ini sangat unik, bentuknya terinspirasi dari kontur pulau di Labuan Bajo.

Dengan rangkaian bunga anggrek oleh Ibu Sasi Moeladi, perangkai bunga dan pendekor professional langganan kalangan elit Jakarta , suasana elegan dan magis ruangan ini terasa sangat kuat.

Untuk perhelatan internasional seperti KTT ini, Hotel Meruorah, karyawan hotel mendapatkan training khusus untuk memastikan layanan prima.

Tim front office dan F&B service Hotel Meruorah menggunakan desain seragam yang chic paduan katun polos dan tenun khusus khas Manggarai, menambah nilai estetika bagi para tamu hotel.

"Terima kasih atas kesempatan kepada Hotel Meruorah menjadi venue utama KTT ASEAN ke-42.  Ini menjadi momentum besar bagi kebangkitan pariwisata Indonesia khususnya di Labuan Bajo dan Hotel Meruorah," sebut Ira.

Bagi ASDP, pelaksanaan KTT di Meruorah merupakan penghargaan yang berarti, tidak hanya bagi Hotel Meruorah, tetapi juga bagi perjalanan transformasi ASDP dalam lima tahun terakhir.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 UMKM Jadi Sorotan saat Pameran di Ajang KTT ASEAN 2023


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler