Ibu Hamil Bisa Lakukan Pemeriksaan Awal NIPT Cegah Anak Kelainan Genetik

Kamis, 23 Maret 2023 – 20:45 WIB
Layanan DNA Hope untuk ibu hamil di Diagnos Laboratorium. Foto: Diagnos Laboratorium

jpnn.com, JAKARTA - Memiliki anak yang sehat dan cerdas menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah.

Namun, apa jadinya jika anak yang didambakan memiliki kelainan genetik yang menjadi penyebab anak menyandang Penyakit langka (rare disorder).

BACA JUGA: Kolaborasi Klinik Pintar-Diagnos Laboratorium Perkuat Layanan Kesehatan Primer

Tentu hal itu tidak diinginkan oleh para calon orang tua. Guna mencegah hal tersebut, alangkah pentingnya pada masa awal kehamilan melakukan pemeriksaan genetik.

Berdasarkan rekomendasi dari American College of Obstetricians and Gynecologist, skrining genetik prenatal harus didiskusikan dan ditawarkan kepada seluruh wanita hamil tanpa memandang usia.

BACA JUGA: Cegah Anak Kelainan Genetik, Ibu Hamil Bisa Lakukan Ini

Satu skrining genetik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, yaitu pemeriksaan Non-Invasive Prenatal Test (NIPT).

Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan pemeriksaan skrining genetik yang dapat dilakukan sejak usia minggu ke-10 masa kehamilan.

BACA JUGA: Ibu Hamil Tewas Diduga Karena Ditolak RS, Bupati Subang Angkat Suara

NIPT merupakan pemeriksaan non-invasive yang dilakukan dengan cara pengambilan darah melalui vena Ibu, sehingga memiliki risiko yang sangat minimal terhadap janin.

Berbeda dengan pemeriksaan diagnostik yang dilakukan secara invasif seperti mengambil cairan ketuban melalui amniosintesis atau chorionic villus sampling (CVS), kedua metode ini dapat berpotensi membahayakan janin. 

Dengan melakukan pemeriksaan NIPT, para calon orang tua dapat mengetahui kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada janin sedini mungkin.

Laboratorium Diagnos sudah memiliki layanan pemeriksaan NIPT (Non-Invasive Prenatal Testing) sejak 2019, dan saat ini layanan tersebut berubah nama menjadi DNAHope. 

Sesuai dengan arti dari kata “Hope” yaitu harapan, Laboratorium Diagnos berusaha memberikan dan mewujudkan harapan bagi calon orang tua untuk memiliki keturunan yang sehat melalui pemeriksaan genetik DNAHope dengan cara yang mudah, akurat dengan risiko yang sangat minimal terhadap kehamilan.

Tidak hanya pada kehamilan tunggal, DNAHope juga ternyata dapat dilakukan pada kehamilan kembar.

Berdasarkan data BKKBN, jumlah orang yang menikah mencapai 1,9 juta hingga 2 juta setiap tahun dan angka kehamilan setiap tahun di Indonesia cukup tinggi, yaitu sekitar 4,8 juta.

Kehamilan itulah yang harus dijaga agar menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat.

DNAHope akan memberikan informasi mengenai status kromosom bayi Anda dengan hasil terpercaya yang tidak dapat disaingi oleh tes skrining lainnya.

"Semoga melalui produk ini, kami dapat memberikan pelayanan terbaik dan juga terjangkau oleh masyarakat," terang Managing Director PT. Diagnos Laboratorium Utama Tbk. (DGNS), dr. Dennis Jacobus, Sp.PK.

Guna memudahkan para pelanggan, Laboratorium Diagnos juga membuka layanan home-service yang dapat diakses melalui call-center Diagnos untuk pemeriksaan DNAHope.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pasien dalam pengambilan sampel.

Pasien cukup menunggu di rumah, petugas dari Diagnos Laboratorium akan datang dan melakukan pengambilan sampel.

Menurut dr. Dennis Jacobus, SpPK, DNA Hope sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi kromosom janin.

Secara normal, manusia memiliki 23 pasang kromosom atau tepatnya berjumlah 46.

Kekurangan atau kelebihan satu saja akan mengakibatkan kelainan genetik yang akan berdampak besar pada kehidupan janin setelah lahir, seperti trisomi 21 (Sindrom Down), trisomi 18 (Sindrom Edwards), trisomi 13 (Sindrom Patau).

Pemeriksaan DNAHope dilakukan dengan hanya mengambil 10 mL darah dari vena ibu untuk memeriksa materi genetik janin dari plasenta yang ikut bercampur di dalam darah ibu, sehingga tidak membahayakan janin.

Lalu dianalisis fragmen-fragmen DNA yang dikenal sebagai cell-free DNA. Fragmen itu bisa berasal dari DNA ibu ataupun dari DNA plasenta.

Plasenta umumnya memiliki materi genetik yang identik dengan janin. Hanya pada kejadian langka seperti confined placental mosaicusm, dimana terjadi abnormalitas jumlah kromosom pada plasenta, tetapi jumlah kromosom pada janin tetap normal.

Oleh karena itu, dilakukan secara noninvasif, pemeriksaan ini relatif aman untuk ibu dan janin dengan tingkat akurasi hingga 99 persen.

Akurasi tinggi juga disertai kapasitas analisis besar dengan menggunakan teknologi Next Sequencing Generation (NGS) dan Digital PCR.

Kali ini, Laboratorium Diagnos menggandeng Qiagen sebagai Perusahaan penyedia alat Digital PCR untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan skrining genetic ini.

Laboratorium Diagnos mengadakan pemeriksaan DNAHope, di mana sebelumnya hanya terdapat 3 tipe pemeriksaan skrining genetic yaitu DNAHope Signature, DNAHope Basic, dan DNAHope Twins. 

 

Saat ini, terdapat penambahan dua tipe pemeriksaan baru yaitu DNAHope Lite dan DNAHope XY.

Pemeriksaan DNAHope Lite dapat mengetahui kelainan trisomi 21 (Sindrom Down), trisomi 18 (Sindrom Edwards), trisomy 13 (Sindrom Patau), dan jenis kelamin. 

 

Adapun pemeriksaan DNAHope XY dapat mengetahui jenis kelamin sejak awal kehamilan. Keuntungan yang didapat dari tipe baru ini di antaranya waktu tunggu hasil yang lebih cepat yaitu 3?5 hari, dengan harga yang lebih murah.

 

Alhasil, dapat menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk melakukan skrining genetik. 

 

Pemeriksaan DNAHope ini penting dilakukan oleh ibu hamil karena risiko terjadinya kelainan (abnormalitas) kromosom meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Sampel darah diproses dengan menggunakan teknologi canggih sehingga menghasilkan akurasi data pada gen-gen yang di analisis.

Hasil dapat berupa risiko rendah (low risk) atau risiko tinggi (high risk) terhadap kemungkinan kelainan bawaan yang diperiksa.

Meskipun memiliki akurasi tinggi, pemeriksaan tersebut merupakan skrining yang perlu dikonsultasikan dengan dokter dan dikonfirmasi dengan pemeriksaan lanjutan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibu Hamil, Ini 5 Buah Sehat yang Baik untuk Anda


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler