Ibu Negara Hibur Anak PAUD, Soleram..Soleram...Soleram

Rabu, 29 Maret 2017 – 20:48 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) saat bersama anak-anak PAUD di Pekanbaru. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, PEKANBARU - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunjukkan kecintaannya kepada anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Pekanbaru, Riau.

Saat tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II pada Rabu (29/3), Ibu Negara disambut oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri dan Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain.

BACA JUGA: Presiden: Ini Istri Saya, Sudah Kenal Semuanya?

Iriana juga mendapat bunga dari dua orang anak-anak PAUD yang berpakaian adat melayu. Dari bandara, rombongan langsung menuju PAUD Mekar Jaya yang berlokasi di Jalan Hang Tuah Gang Sukma, Kota Pekanbaru.

Kunjungan tersebut dilakukan mengingat pentingnya peran aktif dan kepedulian berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan usia dini.

BACA JUGA: Sistem PAUD di Indonesia Mematikan Kreativitas Anak

Setibanya di PAUD Mekar Jaya, Ibu Iriana langsung meninjau salah satu ruang kelas dimana para muridnya sedang mengikuti kelas menggambar.

Iriana pun langsung berbaur dengan mereka, dan mengajak seluruh murid PAUD untuk duduk bersama di ruang tengah. Suasana hangat terjalin setelah Ibu Negara mengajak para siswa untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan bersama.

BACA JUGA: Lihat Eloknya Ibu Iriana Jokowi Menjamu Tamunya

"Ayo tepuk tangan," ujar Ibu Iriana yang saat itu didampingi sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK).

Lagu daerah Riau yang berjudul Soleram kemudian dinyanyikan dengan semangat oleh para siswa. Setelahnya, salah seorang murid memberanikan diri maju untuk melafalkan Pancasila di hadapan Ibu Iriana dan teman-temannya.

Melihat hal tersebut, Ibu Iriana mengajak siswa lain untuk maju. "Siapa yang berani maju lagi? Ayo," ucap Ibu Iriana.

Semua murid yang berani maju untuk bernyanyi dan melafalkan Pancasila mendapat hadiah buku tulis dari Ibu Iriana. Tak hanya itu, seluruh siswa juga mendapat bingkisan sebagai apresiasi dari Ibu Iriana dan OASE-KK agar para siswa semakin semangat belajar.

Iriana kemudian menghadiri Pelatihan Guru-Guru PAUD se-Provinsi Riau, di Gedung Olah Raga (GOR) Voli Universitas Islam Riau. Saat itu dia berpesan tentang pentingnya peran guru PAUD.

Apalagi anak-anak usia dini dengan rentang usia 0-6 tahun merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh pendidikan, mengoptimalkan kemampuan dan mengenal lingkungannya.

"Kuncinya sabar ya bu mengajar anak-anak PAUD," ujar Iriana saat berdialog dengan peserta pelatihan.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bunda PAUD: Ortu Jangan Wajibkan Anak Bisa Calistung


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler