Sebuah studi tentang analisa resiko global menemukan bahwa ibukota Vanuatu, yakni Port Vila, adalah kota yang paling rawan terkena bencana alam di dunia.

Atlas ‘Natural Hazards Risk’, yang diterbitkan oleh perusahaan analisa asal Inggris ‘Verisk Maplecroft’, mengidentifikasi ancaman yang menimpa lebih dari 1.300 kota di dunia.

BACA JUGA: Demi Karir, Ahli Bedah Australia Disarankan Tutup Mulut Soal Pelecehan Seksual yang Dialaminya

Analisa ini mempertimbangkan resiko gabungan yang ditimbulkan oleh badai, banjir, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dan kebakaran.

BACA JUGA: Penulis Novel Roman Australia Merajai Pasar Buku AS dan Eropa

Kota-kota dalam penelitian ini dipilih karena pentingnya mereka sebagai pusat ekonomi dan populasi yang signifikan pada dekade mendatang.

Dari 100 kota dengan eksposur terbesar terhadap bencana alam, 21 di antaranya berada di Filipina, 16 kota di Cina, 11 di Jepang dan 8 di Bangladesh.

BACA JUGA: Sebagian Besar Warga Australia Lihat atau Alami Homofobia dalam Olahraga

Dr Richard Hewston, analis lingkungan utama di ‘Verisk Maplecroft’, mengatakan, Port Vila menduduki peringkat teratas karena kota ini menghadapi kombinasi dari berbagai bahaya.

Ia menjelaskan, Port Vila sangat rawan terkena gempa bumi, tsunami, banjir serta badai tropis, seperti yang menimpa Fiji.

"Jadi apa yang kami temukan pada Port Vila, bahwa tingkat resikonya terhadap bencana alam cukup tinggi dibanding seluruh kota, tapi ini benar-benar kombinasi dari berbagai bencana yang membuatnya posisinya ada di nomor satu," ungkapnya.

Atlas ini juga menghitung ketahanan sosial-ekonomi di 100 kota yang rawan bencana alam.

Informasi ini bertujuan untuk memberi dukungan bagi tindakan pencegahan yang dilakukan pemerintah, masyarakat, individu dan pelaku usaha untuk memfasilitasi pengurangan resiko bencana.

Dr Richard mengatakan, informasi tersebut diharapkan membantu pemerintah di negara-negara yang teridentifikasi rawan bencana.

"Ini benar-benar langkah pertama dalam manajemen resiko bencana," sebutnya.

Bencana apa yang rawan menimpa Anda, di situ-lah resikonya muncul dan bagaimana mereka terjadi, itulah langkah pertamanya, dalam membantu Anda mengelola dan mengurangi dampak dari bencana alam.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disangka Hendak Menembaki Warga, Pria ini Ternyata Cuma Membidik Burung

Berita Terkait